Ribuan Warga Antusias Saksikan Karnaval Budaya Kontingen Mura di FBIM 2023

Rab, 24 Mei 2023 | 343 Views

Puruk Cahu – Dalam karnaval budaya Kontingen Kabupaten Murung Raya (Mura) pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) sekaligus memperingati Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton, suguhan tari-tarian, atraksi seni, dan budaya serta mobil hias di Jalan Yos Sudarso Area TVRI Palangka Raya, Rabu (24/5/2023).

Karnaval itu mengusung tema “Legenda Polangka Bulo dan Suku Dayak Siang” yakni manusia-manusia yang mendalami Pulau Kalimantan saat ini. Sebagian besar meyakini bahwa orang Dayak merupakan keturunan Tolu/Telu Raja yaitu keturunan Maharaja Bunu, Maharaja Sangen dan Maharaja Sangiang yang mana dalam penitisan langsung dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sebanyak 81 peserta yang mengikuti perlombaan Karnaval Budaya FBIM 2023 ini. Perserta tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori umum sebanyak 21 peserta, Perangkat Daerah 46 peserta, dan 14 peserta dari instansi vertikal.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengatakan, acara Festival Budaya Isen Mulang 2023 selain mempromosikan kekayaan budaya Nusantara karnaval juga sebagai ajang silaturahmi antar umat beragama.

Perserta tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori umum sebanyak 21 peserta, Perangkat Daerah 46 peserta, dan 14 peserta dari Instansi vertikal.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan karnaval budaya ini, sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus mendukung setiap kegiatan yang bertujuan menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya, memperkokoh ketahanan budaya dan semangat Nasionalisme,” kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo juga secara simbolis mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya Karnaval Budaya bagi peserta dengan berbagai aksesoris dan atraksi disepanjang jalan.(mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *