Kadis Nakertranskop UKM Lakukan Kunjungan Pembinaan di di Desa Lemo II

Sel, 28 Februari 2023 | 330 Views

Muara Teweh – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (Kadisnakertranskop UKM Barut) M Mastur melaksanakan pembinaan terhadap para pelaku budidaya madu kelulut di Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, , Selasa (28/2/2023).

Dalam kegiatan pembinaan pelaku usaha budidaya madu kelulut di Desa Lemo II Kadis Nakertranskop UKM tersebut didampingi salah seirang pembudidaya madu kelulut dan pihak Mitra Kerja PT PAMA dan PT SMM.

“Kegiatan yang dilakukan ini merupakan kegiatan monitoring dan pembinaan kepada para pelaku usaha yang bebarapa waktu lalu mendapat bantuan dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang diserahkan pada acara di Aula Bappedalitbang beberapa waktu lalu,” kata Mastur, Selasa (28/2/2023) pagi.

Dikatakan Mastur setelah meneima bantuan tersebut, terlihat perkembangannya yang cukup baik dan akan terus dilakukan pembinaan sinergi daengan stakeholder terkait. “Terima Kasih kepada Kepala Desa Lemo II dan jajarannya atas dukungannya kepada para pelaku usaha di Desa Lemo II ini,” kata Mastur.

Kunjungan Pembinaan ke para pelaku usaha budidaya madu kelulut yang ada di Desa Lemo II ini merupakan binaan dari Koperasi Produsen Pengembangan Bisnis (KPPB) Parajakian Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah.

“Kita harapkan ke depan Desa Lemo sebagai sentra penghasil produk madu kelulut di wilayah Kabupaten Barito Utara di bawah binaan Koperasi Produsen Pengembangan Bisnis (KPPB) Parajakian dengan mitra kerja PT PAMA dan PT SMM Group,” kata M Mastur.

Hengki salah satu budidaya madu kelulut di Desa Lemo II menjelaskan bahwa dirinya membudidaya madu kelulut ini di halaman rumah dengan 14 log atau tempat sarang madu kelulud.

Menurutnya, lebah trigona berukur kecil seperti lalat, bersarang di dalam pohon, dan tidak menyengat. Saat ini dirinya melakukan budidaya madu kelulut di halaman tempat tinggalnya, dengan total sebanyakn 14 unit tempat untuk lebah bersarang.

Untuk khasiat madu kelulut yang rasanya asam manis pun bermacam-macam, mulai dari obat batuk dan flu, bisa dikonsumsi penderita diabetes atau menambah gairah nafsu makan. Madu kelulut kurang pas dikombinasikan dengan makanan. Biasanya madu ini langsung diminum atau dicampur air putih.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *