Wabup Sugianto Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Rab, 3 Agustus 2022 | 242 Views

Muara Teweh – Wakil Bupati Sugianto Panala Putra membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka mendukung suksesnya pemilihan umum serentak 2024 di Kabupaten Barito Utara. Kegiatan ini dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Hj Siti Wahidah, unsur Forkopimda, di BallRoom Armani Hotel, Rabu (3/8/2022).

 

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri juga Kepala Kesbangpol, Kepala Badan KDSDM, KPU Barito Utara, Camat Teweh Tengah, Camat Teweh Selatan, Lurah Lanjas dan Lurah Melayu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh kepemudaan dan undangan lainnya.

 

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan terulisnya yang disampaikan Wabup Sugianto Panala Putra mengatakan, pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat sehingga di era keterbukaan seperti yang kita hadapi saat ini.

 

Dikatakannya, masyarakat serta segenap pemangku kepentingan telah semakin kritis dan semakin memahami keberadaan Pemilu sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pergantian pimpinan nasional maupun daerah.

 

“Dengan demikian kita bersama mempunyai tanggung jawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggaranya pemilu serentak 2024 mendatang di Kabupaten Barito Utara secara lansung, umum, bebas dan rahasia (Luber), jujur dan adil (Jurdil) aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai dengan tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan pedoman pada adanya kepastian hukum, tertib dalam penyelenggaraan Pemilu secara terbuka, akuntabilitas, efesiensi dan efektivitas,” katanya.

 

Hal ini kata Wabup menjadi tugas kita dalam menyempurnakan kesuksesan jalannya pemilu yang demokrasi dan transparan. “Karena itu, tidaklah berlebihan apabila saya katakan bahwa sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang diikuti oleh stakeholder, aparatur pemerintah serta jajaran lembaga yang terkait, adalah merupakan bentuk perwujutan kerja sama dan pendekatan yang sangat positif,” tuturnya.

 

Selain itu juga katanya, tugas dan wewenang Bawaslu dalam garis besarnya bertujuan untuk mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara berkesinambungan.

 

“Harapan saya kepada ketua dan anggota Bawaslu Barito Utara, kiranya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam aturan yang berlaku dan berpedoman kepada proporsionalitas, profesionalitas, tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, serta dapat melakukan pembinaan dan pengawasan dengan baik terhadap pelaksanaan tugas Bawaslu Kabupaten/Kota pada tingkatan dibawahnya seperti pada Panwaslu Kecamatan,” ujar Wabup Sugianto.

 

Lebih lanjut Sugianto mengatakan, Pemilu serentak 2024 mendatang bukan semakin mudah, melainkan semakin kompleks, seiring dengan meningkatnya pengetahuan, perhatian dan partisipasi masyarakat terhadap pemilu.

 

“Karena itu, apabila terjadi sesuatu masalah harus segera diantisipasi sedini mungkin, agar tidak terjadi atau masalahnya melebar lebih luas, karena kita semua tidak menginginkan Pemilu 2024 mendatang diwarnai dengan keributan dan cacat hukum, yang akhirnya menimbulkan kerawanan politik dan keamanan, serta mengganggu ketertiban masyarakat Barito Utara,” kata dia lagi.

 

“Saya selaku kepala daerah mengimbau kepada perangkat daerah, camat, lurah, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta insan pers untuk membantu memberikan pemahaman terhadap pemahaman yang didapatkan dari sosialisasi ini nantinya kepada masyarakat di Kabupaten Barito Utara bahwa pentingnya partisipasi masyarakat pada pemilu serentak 2024 mendatang di Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(Al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *