PT Trust Site BEK Menggelar Pelatihan Kewirausahaan dan Kursus Memasak Kue

Kam, 16 Maret 2023 | 238 Views

Muara Teweh – PT TRUST atau Tambang Raya Usaha Tama merupakan kontraktor PT Bharinto Ekatama (BEK) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar tambang menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan dan kursus membuat kue, di Kecamatan Teweh Timur, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan pelatihan dan kursus membuat kue tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Teweh Timur Walter dihadiri Ketua TP PKK Teweh Timur, Ketua Karang Taruna Teweh Timur, Kapolsek Teweh Timur, para Sub Contractor PT Trust, para peserta dan undangan lainnya.

Camat Teweh Timur, Walter menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pihak manajemen PT Trust melalui program tanggungjawab sosial atau pemberdayaan masyarakat yang melaksanakan pelatihan dan kursus ini.

“Tentunya harapan kita bersama bahwa program pemberdayaan masyarakat merupakan upaya dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian, pendidikan, sosial budaya, kesehatan dan lingkungan kehidupan masyarakat sekitar tambang, baik secara individu maupun kolektif, agar tingkat kehidupan masyarakat sekitar tambang menjadi lebih baik dan mandiri,” kata Camat Teweh Timur.

Dikatakan mantan Kabid Resos Dinas Sos PMD ini, dalam penyusunan program PPM ini juga harus didasarkan pada hasil pemetaan sosial, pemetaan sosial menjadi wajar dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal kondisi masyarakat sekitar tambang.

Lebih lanjut Walter mengatakan pemetaan sosial yang dilakukan minimalnya bisa memberikan gambaran utuh tentang kondisi kesehatan dan pendidikan, kondisi sosial budaya dan lingkungan kehidupan masyarakat, kondisi infrastruktur, kondisi kemandirian ekonomi dan kelembagaan komunitas masyarakat dalam menunjang kemandirian ekonomi.

Ia juga mengatakan bahwa penyusunan program pemberdayaan masyarakat dengan pemetaan sosial untuk mengetahui calon sasaran, kondisi atau karakteristik dan permasalahan sosial pada lingkungan sekitar usaha dan atau kegiatan.

Hal tersebut dilakukan sebagai bahan untuk menentukan keputusan yang tepat dan sesuai dengan sosial lingkungan tersebut, untuk menjadi dasar dalam penyusunan perencanaan program pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan bisa lebih terukur, terarah, tepat guna dan tepat sasaran. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini bisa untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kepandaian para peserta khususnya dalam hal membuat kue,” kata Camat Walter.

Selain itu jelasnya, peserta pelatihan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tentunya hal ini akan otomatis meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat dan juga akan berdampak kepada peningkatan sumber daya manusia yang produktif dan menguurangi angka kemiskinan.

External Relation & Security Manager PT Trust, Megawati mengatakan program pelatihan kewira usahaan dan pembuatan kue ini salah satu upaya dalam membuka wawasan dan kemampuan dalam membaca peluang usaha, sehingga terciptanya lapangan kerja usaha baru sebagai tambahan pendapatan masyarakat yang pada goalnya menjadi usaha UMKM mandiri.

“Diharapkan program pelatihan ini dapat membuka wawasan, menambah pengetahuan dan skill baru bagi remaja dan ibu-ibu, bagaimana cara membuat kue dengan cita rasa premium dan memiliki nilai jual yang ekonomis serta dapat menciptakan peluang kerja UMKM di daerah setempat,” kata dia.

Pelatihan kewirausahaan dan kursus memasak kue ini diikuti peserta dari kelompok ibu TP PKK Kecamatan Teweh Timur, Karang Taruna Kecamatan Teweh Timur, guru dan siswa siswi SMA Teweh Timur. Dan pelatih atau trainer Hellen Owner Ocake n Cookies serta CDO Debora dan Team Trust.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *