Pj Bupati Hadiri Peringatan Puncak HUT PGRI ke 78 dan HGN tahun 2023

Sel, 28 November 2023 | 353 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menghadiri Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 tingkat Kabupaten Barito Utara, di Arena Tiara Batara Muara Teweh, Selasa (28/11/2023).

Selain Pj Bupati, pada peringatan tersebut juga dihadiri Bupati Barito Utara periode 2018-2023 H Nadalsyah dan Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, unsur FKPD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, kepala perangkat daerah, Kepala Lapas Kelas IIB, para guru, tenaga pendidik dan pendidikan serta undangan lainnya.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan sebagai penghormatan kepada guru dan PGRI, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November, hari kelahiran PGRI, sebagai Hari Guru Nasional, yang kemudian dimantapkan melalui UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Dan sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan hari ulang tahun PGRI secara bersama-sama di seluruh Indonesia,” kata Pj Bupati Muhlis dalam sambutannya, di Arena Tiara Batara.

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. “Dalam undang-undang guru dan dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi anggota organisasi profesi guru,” kata dia.

Tahun ini Muhlis menambahkan, tepat 78 tahun usia PGRI, usia yang matang sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan, dan organisasi ketenagakerjaan yang dikenal sebagai jati diri organisasi sejak awal berdirinya tahun 1945.

Dikatakannya, perayaan kali ini dirayakan dengan berbagai rangkaian kegiatan lomba yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahim dan solidaritas serta kekompakan para guru.

Adapun tema peringatan HUT ke 78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023 adalah, “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju“ tema ini menunjukkan bahwa PGRI tidak pernah diam dan selalu bergerak maju menyikapi perubahan kemajuan zaman.

Lebih lanjut Pj Bupati mengatakan dalam dunia pendidikan juga tidak terlepas dari akibat kemajuan zaman, sehingga para guru yang tergabung dalam PGRI selalu meningkatkan kemampuan SDM untuk mendidik serta mewujudkan anak indonesia cerdas dan berkarakter ditengah maraknya persaingan dalam dunia industri.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PGRI dan guru yang telah memberikan dedikasi dan pengabdiannya tanpa lelah membina, mendidik anak-anak generasi penerus Kabupaten Barito Utara,” kata Muhlis.

Tanpa sosok seorang guru kata dia maka tidak akan lahir para pemimpin-pemimpin hebat seperti sekarang ini, semua orang besar dan hebat lahir dari didikan seorang guru.

“Saya berpesan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, melalui momentum Hari Ulang Tahun ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahuin 2023 ini, terus meningkatkan layanan yang terbaik kepada para guru-guru. Tidak lupa juga kepada para guru saya bepesan, apa yang menjadi kewajiban saudara-saudara agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Ph Bupati Muhlis.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Muhlis mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke 78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023. “Saya ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh anggota PGRI dan guru se Kabupaten Barito Utara atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mendidik anak-anak generasi penerus Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *