Apdesi Diharapkan Dapat Berkontribusi memberi manffat bagi pemerintah desa

Rab, 7 Februari 2024 | 390 Views

Muara Teweh – Keberadaan Apdesi cabang Kabupaten Barito Utara diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi Pemerintah Desa (Pemdes) khususnya, mengingat beban tanggungjawab yang diemban oleh desa dalam mengelola keuangan desa semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis pada acara pengukuhan pengurus DPC Apdesi Barito Utara periode 2024-2029 di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu (7/2/2024).

“Terkhusus kepada segenap DPC kiranya dalam menyusun program kerja harus realistis, terukur dan implementatif dan tidak bertentangan dengan kebijakan organisasi secara nasional serta memperhatikan kebijakan dan regulasi yang ada dilingkup Pemkab Barito Utara,” kata Pj Bupati Muhlis.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Pj Bupati Muhlis berharap agar Apdesi juga dapat berperan mendorong seluruh pemerintah desa untuk segera menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa (LPPD), surat pertanggung jawaban (SPJ), alokasi dana desa (ADD), dan dana desa (DD).

Kemudian kata Pj Bupati, laporan semester akhir pelaksanaan APBdes serta segera untuk melaksanakan penyusunan rencana kerja pembangunan (RKP) dan rancangan APBDes tahun anggaran 2024 yang sangat prioritas sesuai hasil musyawarah desa masing-masing dalam rangka percepatan pembangunan desa di wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada jajaran DPC Apdesi Barito Utara yang telah dikukuhkan, semoga Apdesi Barito Utara semakin dapat memberikan manfaat bagi desa-desa di kabupaten barito utara untuk lebih maju lagi,” kata Muhlis.

Pada kesempatan itu Pj Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Barito Utara periode 2013-2023 yang juga Dewan Penasehat Apdesi Kabupaten Barito Utara H Nadalsyah atas dedikasi dan dharma bhakti pengabdiannya selama 10 (sepuluh) tahun menajdikan Barito Utara menjadi kabupaten maju dari sebelumnya.

“Dan kepada ketua DPD Apdesi Provinsi Kalimantan Tengah saya juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktunya untuk mengukuhkan dan melantik DPC Apdesi Barito Utara serta dedikasinya dalam membimbing dan membina DPC Apdesi Barito Utara selama ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana pengukuhan Ating J menyampaikan permohonan dengan hormat kepada Pj Bupati berkenan mengukuhkan jajaran DPC APDESI Kabupaten Barito Utara periode 2024-2029.

“Sehingga dalam menjalankan peran dan fungsi ke depannya kami berharap kiranya keberadaan APDESI Barito Utara dapat memberikan nilai positif serta manfaat bagi desa-desa di Barito Utara untuk lebih baik dan maju lagi,” kata Ating yang juga Kepala Desa Pendreh ini.

Sementara penasehat DPC APDESI Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan agar seluruh kepala desa dapat memanfaatkan organisasi ini dengan sebaik-baiknya khususnya terkait dengan pengelolaan dana desa untuk kepentingan masyarakat desa masing-masing.

“Dalam penggunaanya diharapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terhindar dari permasalahan hukum di kemudian hari,” kata H Nadalsyah.

Dewan Pimpinan Cabang APDESI Barito Utara Periode 2024-2029 yang dilantik sebagai Ketua yaitu Paning Ragen, 8 orang Wakil Ketua, Arbani sebagai Sekretaris dan sebagai Bendahara yaitu Elly Sukaesih.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *