Pemkab Mura Diminta Perhatikan Akses Layanan Kesehatan Masyarakat di Pedesaan

Sel, 21 November 2023 | 270 Views

Puruk Cahu – Hingga saat ini masih sering ditemui adanya masalah dalam layanan kesehatan khususnya yang berada di pelosok pedesaan. Salah satunya masalah terkait Sumber Daya Manusia dan minimnya fasilitas kesehatan di desa-desa.

Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Tuti Marheni menegaskan, bahwa akses terhadap layanan kesehatan merupakan hak masyarakat, dan pemerintah harus memastikan pemenuhan hak tersebut.

“Layanan kesehatan adalah kebutuhan dasar yang harus tersedia bagi seluruh masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat di pedesaan yang mengalami kesulitan dalam memperoleh akses terhadap layanan kesehatan,” ujarnya, Selasa (21/11/2023).

Ia menegaskan, akses terhadap layanan kesehatan diakui sebagai hak masyarakat, dan pemerintah harus memastikan pemenuhan hak tersebut. Dalam kunjungannya ke daerah pelosok saat masa reses.

Bahkan, Tuti Marheni kerap menerima aspirasi dan keluhan masyarakat terkait kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, perhatian terhadap keadaan ini harus ditingkatkan.

“Masih banyak desa yang bahkan tidak memiliki tenaga kesehatan. Inilah yang mempersulit akses terhadap layanan kesehatan bagi warga yang tinggal jauh dari lokasi layanan tersebut. Mereka diharuskan melakukan perjalanan jauh ke wilayah kecamatan atau ibu kota kabupaten untuk mendapatkan layanan kesehatan yang prima,” imbuhnya.

Kehadiran tenaga kesehatan yang terlatih dan berkualitas sangat penting untuk mewujudkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Salah satu solusi untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan adalah dengan meningkatkan kualitas infrastruktur.

Infrastruktur yang memadai sangat penting untuk menghubungkan antara layanan kesehatan di desa dan rumah sakit di kota. Kualitas jalan dan jembatan menjadi faktor penting dalam memastikan mobilitas masyarakat di pedesaan.

Dalam menghadapi tantangan ini, tentu saja diperlukan sinergi antara pemerintah, masyarakat, tenaga kesehatan, dan lembaga terkait lainnya. Dukungan masyarakat pedesaan dalam hal ini penting untuk mendorong pemerintah memperhatikan dan memperbaiki masalah di bidang kesehatan.

“Dalam bidang ini, peran DPRD Mura dalam mengusulkan solusi dan menekan pemerintah untuk memperhatikan masalah kesehatan di pedesaan penting untuk dilakukan,” pungkasnya.(mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *