3 Saran dan Masukan Fraksi PKB kepada Pemkab Barito Utara

Rab, 6 September 2023 | 292 Views

Muara Teweh – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Kabupaten Barito Utara memberikan 3 (tiga) saran dan masukan pada pidato pengantar Bupati Barito Utara terhadap Raperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023 pada rapat paripurna II di gedung DPRD, Rabu (6/9/2023).

Penyampaian pemandangan umum fraksi ini disampaikan oleh anggota DPRD Barito Utara H Benny Siswanto. Dimana Fraksi PKB memberikan tiga saran dam masukan kepada Pemkab Barito Utara.

Pertama, Fraksi PKB meminta penjelasan sejauhmana anggaran belanja pada rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2023 ini berpihak pada layanan dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan dan perekonomian ? Program apa saja dan berapa anggaran yang direncanakan untuk pemenuhan ketiga program tersebut?.

Kedua, dengan adanya kenaikan BBM yang diluncurkan pada 1 September 2023, yang diprediksi yang dapat menghantam daya beli masyarakat dan mengguncang berbagi sektor usaha. Fraksi PKB meminta penjelasan perihal strategi Pemkab Barito Utara dalam rangka mendukung program pemerintah pusat terkait penanganan dampak kenaikan harga BBM maupun program Pemkab Barito Utara sendiri dalam menyikapi dampak kenaikan harga BBM tersebut.

Ketiga, Fraksi PKB menemukan adanya target dariperolehan PAD yang sampai pada saat ini terindikasi tidak mencapai target. Oleh karen itu dibutuhkan terobosan dan inovasi dari OPD terkait merealisasikan itu. Apakah dengan sisa bulan yang ada pada tahun 2023 ini Pemkab Barito Utara masih dapat mencapai target perolehan pendapatan asli daerah (PAD).

“Setelah Fraksi FKB mencermati pidato Bupati Barito Utara dengan mengucapkan “Bismillahirahmanirohim” dan berharap aras ridho Allah SWT, Fraksi PKB siap membahas Rancangan Perturan Daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2023 pada rapat pembahasan Badan Anggaran APBD dengan TAPD Barito Utara,” pungkasnya.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *