Pentingnya Memahami Fungsi Komunitas Informasi Masyarakat

Sen, 17 Juli 2023 | 382 Views

Puruk Cahu – Dinas Kominfo SP Murung Raya (Mura) melalui Bidang Penggelolaan Informasi dan Komunikasi (PIKP) atau juga Humas Pemda menyambut sangat baik kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang berlangsung di Hotel Neo Palangka Raya, Senin (17/7/2023).
Kepala Bidang PIKP,Hendry Januardy berharap ke depannya KIM bisa lebih berkembang lagi di Kabupaten Murung Raya, dengan kualitas yang mampu bersaing serta bisa mengimbangi era digital saat ini.
Terdapat beberapa narasumber dalam Bimtek tersebut yakni Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo Hasyim Gautama, Konsultan Website KIM Mohamad Wendy dan Konsultan Website Hendi Tridianto.
Bimtek Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka pembinaan KIM di Provinsi Kalimantan Tengah.
“Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan yang baik dan positif,”ungkap Hendry.
Sementara, Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Kalteng, Sri Suwanto menuturkan Kelompok Informasi Masyarakat adalah komunitas yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya.
“Sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam desiminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat,” katanya saat membuka Bimtek Platform Digital Kemitraan bagi KIM Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah. (Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *