Pembentukan Pokdarwis untuk Mengembangkan Pembangunan Kepariwisataan

Rab, 25 Oktober 2023 | 266 Views

Muara Teweh – Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di dua desa di wilayah Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara dimaksudkan untuk mendorong dan mengembangkan kelompok masyarakat yang dapat berperan sebagai motivator, penggerak serta komunikator dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat di sekitar destinasi wisata atau lokasi daya tarik wisata.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut) Hj Annisa Cahyawati saat menyampaikan laporan paca kegiatan pengukuhan Pokdarwis “Cahaya Khatulistiwa” Desa Luwe Hulu dan Pokdarwis “Sama Sanang Wisata” Desa Nihan Hilir, Rabu (25/10/2023).

“Pokdarwi yang dibentuk sebagai mitra Pemerintah dalam pengembangan ekonomi Barito Utara melalui pariwisata agar dapat berperan aktif bagi berkembangnya kepariwisataan, serta memiliki kesadaran akan peluang dan nilai manfaat yang dapat dikembangkan dari potensi wisata maupun kegiatan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Barito Utara mulai tingkat desa,” kata Kadis Budparpora Annisa Cahyawati.

Dikatakannnya, pembentukan Pokdarwis ini bertujuan untuk meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai subjek atau pelaku penting pembangunan kepariwisataan, dalam sebuah sinergitas, bermitra dengan pemerintah dan pemangku kepentingan serta seluruh komponen dalam meningkatkan perkembangan kepariwisataan daerah.

“Sehingga kontribusi sector pariwisata terhadap pengembangan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat dapat meningkat signifikan, dengan pemanfaatan potensi daya tarik wisata yang ada di masing- masing daerah atau desa,” imbuhnya.

Terkait hal itu, sikap dan dukungan positif dari masyarakat melalui perwujudan nilai-nilai sapta pesona bagi tumbuh kembangnya kepariwisataan perlu dibangun.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *