banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Perdie dampingi Kapolda Kalteng Letakan Batu Pertama Mako Brimop

Kam, 16 Desember 2021 | 186 Views

PURUK CAHU – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol. Nanang Avianto melakukan peletakan batu pertama pembangunan markas komando (Mako) dan rumah dinas kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Kalteng di kabupaten Murung Raya.

Agenda peletakan batu pertama tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) Kapolda Kalteng di Kabupaten Murung Raya untuk pertama kalinya, dan Bupati Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M.Yoseph turut mendampingi Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Mura mengatakan status tanah sebagai tempat pembangunan Mako Brimob berserta fasilitas lainnya tersebut merupakan hibah dari pemerintah kabupaten, dengan luas sekitar 10 hektar yang berada di Jalan Negara Puruk Cahu dan Muara Teweh wilayah Desa Danau Usung.

“Pembangunan Mako Brimob akan dimulai tahun 2022 nanti dan pemerintah daerah sudah menganggarkan di APBD murni senilai Rp 2 miliar. Rp.1,8 untuk bangunan fisik mako, sedangan sisa Rp 200 juta untuk perencanaan. Kami tergetkan tahun 2023 nanti pembangunannya sudah rampung,” ucap Perdie.

Perdie menyebut bahwa pembangunan rumah dinas sendiri akan dibantu oleh pihak ke tiga, dalam hal ini oleh perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di Mura. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Mura menjelaskan keberadaan Mako Brimob di Mura, akan sangat membantu dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan.

“Misalnya terjadi demo maka bisa memback-up aparat dari TNI-Polri. Tidak hanya itu, keberadaan Mako Brimob juga sebagai persiapan menyambut pindahnya ibu kota negara (IKN) ke Kabupaten Panajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur,” tambahnya lagi.

Selain membangun Mako Brimob, kata Perdie, pemerintah daerah dilokasi yang tidak begitu jauh juga akan segera pembangunan Makodim, diatas tanah yang juga hibah dari pemerintah daerah. “Kita juga ingin membangun kantor pengadilan agama dan juga lembaga pemasyarakatan (LP) di Murung Raya yang lokasi sejalur dengan mako brimob, kodim, kejaksaan dan Polres. Mudah-mudahan rencana kita ini bisa terealisasi,” bebernya.

Sementara itu Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto, mengatakan upaya dan rencana yang dijelaskan oleh Bupati Mura dianggapnya merupakan cara berpikir yang strategi dan negarawan. “Yang saya tangkap dari paparan Pak Bupati tadi menjelaskan Pemkab Murung Raya memiliki visi yang baik jauh kedepan dan saya sangat sepakat,” ujarnya.

Dilanjutkan olehnya, bahwa Polda Kalteng berharap bangunan Mako Brimob itu nanti tetap mengedapankan kualitas, sebab akan menunjang tugas para aparat yang ditempatkan didalamnya dalam rangka menjaga stabilitas keamanan. Turut hadir pula dalam acara peletakan batu pertama tersebut beberapa pejabat OPD lingkup Pemkab Mura, termasuk jajaran Forkopimda Mura, seperti Ketua DPRD Mura Doni dan Wakil Bupati Mura Rejikinoor. (Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *