banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

KPU Barut Lakukan Pemutahiran Data Berkelanjutan

Sen, 31 Mei 2021 | 175 Views

MUARA TEWEH- Komisi Pemilihan Umum Barito Utara, telah melakukan pemutakhiran data jumlah pemilih digunakan pemilihan kepala daerah dan legislatif tahun 2024 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Utara, Malik Muliawan, Senin (31/5/2021) mengatakan,telah melaksanakan rapat pleno bersama seluruh anggota dan pegawai dalam rangka penetepan progres tindak lanjut daftar pemilih berkelanjutan. 

Dari progres pada  bulan April jumlah daftar pemilih berkelanjutan adalah 96 145 0rang. Kemudian dari jumlah itu ada 14 orang yang tidak menenuhi syarat karena meninggal dunia.

Kemudian pihaknya telah melakukan progres pada bulan Mei ada 16 orang yang memenuhi syarat, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 96.145 orang.

Dikatakannya, data ini juga belum pinal karena pemutahiran terus belanjut hingga menjelang pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum secara serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Jadi data ini terus di update, agar yang mempunyai hak pilih dapat melaksanakan hak pilihnya sesuai yang sudah ditentukan,”kata Malik Muliawan.

Ditambahkannya, untuk pemilihan DPRD, DPR provinsi, DPD RI dan DPR RI dilaksanakan pada 21 Pebruari 2024, Sedangkan untuk pemilu kepala daerah gubernur dan wakil, serta bupati dan walikota pada bulan Nopember 2024.

Data ini terus berlanjut. Dan diharapkan masyarakat memberikan informasi kepada KPU untuk menyampaikan data tersebut. Karena masyarakat yang sudah usia 17 tahun dapat menggunakan hak pilih dan masuk dalam daftar pemilih.

Kemudian bagi TNI Polri yang sudah purna tugas dapat menyampaikan informasi mengenai keterangan data,karena bila sudah habis masa tugas sebagai TNI/Polri bisa menggunakan hak pilih. 

Dikatakannya, selain itu  organisasi kemasyarakatan agar memberikan informasi. Salah satunya adalah rukun kematian dapat memberikan informasi tersebut.

“Data pemilih berkelanjutan terus dilaksanakan hingga pelaksanaan sesuai dengan arahan pusat,”pungkasnya.(Ani)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *