PKBM Lembaga Pendidikan Nonformal untuk Masyarakat Mura

Jum, 13 Oktober 2023 | 253 Views

Puruk Cahu – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga pendidikan nonformal yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Lembaga tersbut berorientasi pada pemberdayaan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

PKBM merupakan salah satu pusat pembelajaran bagi masyarakat selain pendidikan formal seperti sekolah. PKBM juga dapat menjadi pusat kegiatan belajar karena di PKBM tidak mengenal batasan usia untuk terus belajar.

“PKBM sebagai salah satu mitra kerja Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui program-program pendidikan nonformal,” kata Ketua PKBM Asa Ambang, Nofriandy Imanuel dalam acara Workshop persiapan penerapan kurikulum merdeka belajar, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya (Mura), Jumat (13/10/2023).

Workshop itu dilaksanakan dalam rangka menyiapkan tutor yang hebat dalam akselerasi implementasi kurikulum Merdeka Belajar, khususnya di PKBM. Sejumlah Ketua PKBM dan operator juga ikut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Yandi sapaan akrab Nofriandy Imanuel menuturkan peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Pemateri yang dihadirkan merupakan narasumber yang berkompeten.

“Harapan kita setelah adanya workshop kurikulum merdeka belajar ini dapat kita terapkan perlahan pada lembaga PKBM kita masing-masing,” ucap Nofriandy yang merupakan lulusan S-2 Magister Manajemen.

Ia juga menyampaikan, PKBM Asa Ambang beralamat di Jl. Kol Katamso No.28 (Blok B Respen), Puruk Cahu, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya.

“PKBM Asa Ambang saat ini terdapat program pendidikan Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setara SMA/MA. Sudah banyak peserta didik yang lulus dari PKBM ini,” pungkasnya.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *