Nadalsyah “Tapung Tawar” 5 Unit Alat Berat Baru Dinas PUPR

Rab, 14 Desember 2022 | 231 Views

Muara Teweh – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah melaksanakan tradisi “Tapung Tawar” pada unit atau alat berat pengadaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tahun 2022 di halaman Dinas PUPR setempat, Rabu (14/12/2022).

Dalam kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah Drs Muhlis, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas PUPR M Iman Topik, mewakili Dandim 1013/Mtw, Managemen UT (United Tractor), pimpinan pasantren Yassin Muara Teweh beserta santri serta undangan lainnya.

Dinas PUPR melalui pengadaan e-katalog pada DPA perubahan Dinas PUPR tahun anggaran 2022 melakukan pembelian 12 unit alat berat. Alat yang baru datang yakni 1 unit mini eksavator, 1 unit buldozer, 1 unit tandem, 1 unit vibrator roller, 1 unit mobil lapangan, 1 unit selfloader, 1 unit skylift, 1 unit mobile toilet, 1 unit towerland, dan 3 unit dumptruck.

Bupati Barito Utara melakukan ritual “Tepung Tawar” pada 5 alat berat yang baru datang yakni 1 unit mini eksavator, 1 unit buldozer, 1 unit tandem, 1 unit vibrator roller, dan 1 unit mobil lapangan di halaman Kantor Dinas PUPR. Sedangkan 7 unit lainnya masih dalam proses perjalanan menuju Kabupaten Barito Utara.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dan kepada Dinas PUPR yang telah menganggarkan dan menyediakan alat berat ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Barito Utara,” kata bupati H Nadalsyah.

Dikatakan H Nadalsyah, pada saat rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beberapa waktu lalu, TAPD dengan banyaknya usulan-usulan masyarakat terkait dengan pemeliharaan jalan di Barito Utara.

Dengan banyaknya usulan-usulan tersebut kalau di back up hanya dengan mengandalkan dana ABPB saja kemungkinan dana dari pemerintah kabupaten Barito Utara tidak mencukupi untuk pemeliharaan jalan.

“Seperti yang saya sampaikan tadi, pada rapat Tim Anggaran, saya meminta kepada Pa Sekda dan seluruh Tim Anggaran untuk bisa mengalokasikan dana untuk menyediakan pengadaan alat berat di Dinas PUPR,” ungakapnya.

“Alhamdulillah pada hari ini kita sudah melihat dan kita dibantu Pa Ustad mendoakan semoga kelancaran alat ini bekerja untuk kepentingan masyarakat Barito Utara atau Tapung Tawarnya,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Nadalsyah juga berharap kepada Dinas PUPR bisa merawat alat pengadaan tahun 2022 ini. “Karena alat ini adalah kita anggarkan dari uang masyarakat, uang pemerintah yang tujuannya kembali untuk membantu masyarakat,” imbuhnya.

Akan tetapi kata H Koyem, dengan tersedianya alat berat yang sudah disediakan oleh pemerintah melewati Dinas PUPR Insya Allah di tahun 2023 dan seterusnya jalan-jalan yang ada di Kabupaten Barito utara ini bisa di back up sehingga bisa pungsional sepanjang tahun.

Ia menekankan kepada Dinas PUPR agar unit ini betul-betul dipelihara dan selalu berhubungan intent dengan pihak penyedia seperti UT Comatsu. “Untuk pemeliharaannya tolong di back up juga, karena kita dari pihak pemerintah dan pihak yang berinvestasi di Kabupaten Barito Utara dapat membantu dalam perawatannya,” pungkasnya.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *