DPRD Dorong Pemdes Benahi Infrastruktur Desa

Sab, 25 Maret 2023 | 336 Views

Kuala Pembuang – Wakil Ketua I DPRD Seruyan H Bambang Yantoko meminta oemerintah desa (Pemdes) untuk mengembangkan infrastruktur di wilayah desanya masing-masing untuk meningkatkan kemendirian serta perekonomian warga desa.

Bambang mengungkapkan Infrastruktur merupakan hal yang penting untuk menunjang perekonomian warga desa. Berbicara terkait infrastruktur tentunya cakupannya sangat luas tidak hanya sekedar membangun jalan dan gapura saja.

“Infrastruktur sangat beragam, seperti pembangunan irigasi sawah, drainase, pengembangan jaringan internet dan telekomunikasi dan lain sebagainya, untuk itu saya dorong Pemdes untuk ikut andil dalam membangun dan mengembangkan itu,” katanya, Sabtu (25/3/2023).

Menurutnya, alasan utama mengapa dirinya mendorong agar Pemdes ikut andil memperhatikan infrastruktur desa ialah karena hingga sekarang tidak sedikit desa di Bumi Gawi Hatantiring ini yang belum memiliki fasilitas maupun sarana dan prasarana penunjang yang memadai. Sehingga dengan keterbatasan tersebut menjadi penyebab desa sulit berkembang.

“Apalagi kan di Seruyan ini sebagian warga bekerja sebagai petani maupun nelayan, tentunya mereka mengharapkan ada akses jalan yang baik misalnya infrastruktur jalan menuju usaha tani, sehingga memudahkan mereka mengangkut hasil panennya antar desa maupun kota,” jelasnya.

Disamping itu, pembangunan infrastruktur lainnya seperti irigasi dan pengadaan teknologi penunjang pertanian yang sangat banyak dibutuhkan warga desa saat ini. Jika tidak ada pembangunan irigasi di sawah, maka petani hanya dapat mengandalkan hujan untuk mengairi lahan pertaniannya.

Begitu juga dengan sektor perikanan, seperti budi daya pertambakan jika tidak dilengkapi sarana penunjang yang memadai, masyarakat juga kesulitan untuk memaksimalkan hasil budi daya.

Maka dari itu, ia berharap Pemdes
bisa proaktif membantu mengembangkan infrastruktur di wilayah desanya.

“Menurut saya dengan dana desa yang miliaran rupiah sudah semestinya dapat disisihkan untuk penganggaran pengembangan infrastruktur, demi kepentingan masyarakat serta kemajuan desa itu sendiri,” katanya. (red)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *