Bupati Barut Sampaikan Fakta Lapangan, Terkait Batas Daerah

Kam, 25 Agustus 2022 | 259 Views

Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah berharap fakta dilapangan yang disampaikan menjadi bahan pertimbangan Kemendagri, terkait batas administrasi Kabupaten Barito Utara.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menjelaskan, juga bahwa Kabupaten Barito Utara tidak menyampaikan fakta baru terkait tata batas wilayahnya, tetapi menyampaikan fakta yang ada dilapangan.

“Fakta lapangan dalam dokumen telah kami sampaikan baik kepada Kemendagri maupun Provinsi Kalimantan Tengah, hingga hari ini (Kamis, 25/08/2022) kami pertegas kembali sesuai hasil rapat tanggal 08 Agustus kemarin,” kata bupati H Nadalsyah. 

Bupati Nadalsyah juga berharap agar fakta lapangan yang disampaikan dapat menjadi bahan pertimbangan Kemendagri. “Kami berharap agar fakta dilapangan yang kami sampaikan menjadi acuan dan bahan pertmbangan Kemendagri,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

H Koyem menjelaskan bahwa dalam kesepakatan tersebut ada beberapa poin dalam penarikan garis yang belum sesuai, sehingga Tim PBD Kabupaten Barito Utara bersama Tim PBD Pusat dan Prov Kalteng untuk memverifikasi fakta-fakta di lapangan. 

“Kami menyampaikan fakta-fakta di lapangan dan data/dokumen tersebut kami sampaikan hari ini (Kamis, 25/08),” kata H Nadalsyah. 

Hal itu kata dia sesuai dengan beberapa poin yang ada dalam kesepakatan, dimana disebutkan bila ada fakta baru atau fakta lapangan, keputusan yang dibuat akan dipertimbangkan oleh Kemendagri.

Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto menyampaikan bahwa tata batas wilayah telah dibuat oleh Kemendagri yang mana kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, baik Kabupaten Barito Utara dan kabupaten yang berbatas denganya. 

“Bila batas daerah telah ditetapkan maka masyarakat di wilayah tersebut tahu siapa nanti yang akan melayani,” jelas Sugiarto.

Sugiarto juga akan mempertimbangkan kembali sehubungan adanya fakta-fakta yang disampaikan oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah, karena Pemkab Barito Utara telah menandatangani kesepakatan beberapa waktu yang lalu.(Al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *