Pemkab Diminta Stabilitas Harga Karet dan Rotan

Ming, 4 Juni 2023 | 269 Views

Sampit – Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu menyebutkan perlu ada dorongan intervensi dari pemerintah untuk stabilisasi harga karet dan rotan di daerah ini. Pasalnya, harga komoditas andalan ini cukup berfluktuasi. 

“Memang saya lihat harga karet dan rotan ini memang sejak lama belum terlalu diperhatikan,” katanya, Minggu (4/6/2023).

Dia mengatakan, seharusnya ada intervensi di pasaran supaya petani ini juga mendapatkan harga jual yang ideal. Sehingga ada jaminan stabilitas harga jual.

Legislator Komisi III DPRD Kotim ini juga menekankan keberpihakan antara pemerintah dengan petani. Jika tidak dilakukan maka permainan pasar akan mudah ditekan oknum pengusaha.

Di satu sisi, pengusaha tidak bisa disalahkan karena pada dasarnya dunia usaha memang orientasinya penuh untuk keuntungan. 

Untuk mengantisipasi agar tidak sewenang- wenangnya pengusaha pasar dengan petani, makanya perlu dilakukan campur tangan pemerintah daerah melalui dinas teknisnya.

Menurutnya, fluktuasi harga ini banyak disampaikan kepadanya. Kadang masyarakat merasa dipermainkan. Dalam satu pekan saja harga jual bisa naik turun. Bahkan anjlok dari prediksi petani.

Disinyalir hal ini merupakan permainan pasar. Akibatnya, petani merasa tidak ada jaminan harga dari pembeli tersebut, sebab itu sudah menjadi tugas pemerintah untuk memberikan solusinya,” Demikian Dadang.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *