banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

PT. BEK Bergerak Cepat Bantu Korban Banjir di Teweh Timur

Sab, 27 November 2021 | 85 Views

MUARA TEWEH – Salah satu perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) bergerak cepat memberi bantuan kepada warga Desa Benangin dan sekitarnya di wilayah Kecamatan Teweh Timur. 

Perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara yang disingkat PKP2B adalah PT. Bharinto Ekatama (BEK) bersama sejumlah perusahaan kontraktor melakukan penyerahan bantuan kepada warga yang telah menjadi korban banjir sejak Rabu (24/11/2021) lalu. 

External Relation PT BEK Hirung didampingi Suryadi, Sabtu (27/11/2021) menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan ini adalah berupa sembako diantaranya 4.500 kg beras, mie instan 290 dus, serta bantuan obat-obatan.

Kemudian lanjut dia, juga menyalurkan satu unit perahu karet. Untuk penanganan pasca banjir dikirimkan satu unit firetruk untuk penyiraman jalan dan rumah yang tergenang lumpur

“Adapun untuk sasaran pemberian bantuan diberikan kepada warga di Desa Sampirang II, warga Benangin III, warga Benangin II, warga Benangin V, warga Benangin I, dan warga Desa Muara Wakat. Untuk data rumah yang di berikan sebanyak 500 kg, 691 Kepala Keluarga (KK) atau 2021 jiwa,” tegasnya. 

Selanjutnya PT. BEK juga bersama pihak Tripika Teweh Timur mendirikan posko di Desa Benangin V. Posko ini rencananya dimanfaatkan untuk tempat pelayanan kesehatan bagi warga serta mendirikan dapur umum. Selain itu sebagai tempat komando pembersihan difasilitas umum seperti kantor desa dan 3 sekolah yakni di SDN Benangin I, II, dan V. 

“Kami berharap bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban warga yang terkena dampak banjir hingga yang mengungsi ketempat yang lebih tinggi atau posisi aman dari banjir,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Teweh Timur Winardi SE mengatakan, bahwa berdasarkan pantawan keadaan wilayah desa terdampak banjir sudah 100% kering serta warga sudah kembali normal melaksanakan aktivitas. Dalam penanganan pembersihan pasca banjir ini, pihaknya bersama Pemerintahan desa dan perusahaan seperti PT Bek dan sub kon site PT. Pama, PT. Trust dan PT. Runa dan CV. Aulia) melakukan pembersihan fasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah dan jalan raya secara bergotong royong.

“Kami juga sangat terbantukan dalam pelaksanaan penanganan banjir dari personil dan armada BPBD kabupaten Barito Utara dari tanggal 26 sd 27 Nopember 2021,” ucapnya.

Selain itu, dalam penanganan banjir ini juga ada bantuan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini bapak Bupati Barito Utara melalui dinas terkait yaitu DinsosPMD berupa sembako kepada Pemerintah Kecamatan. Kemudian bantuan tersebut diserahkan bagi pemerintah Desa yang desanya terdampak banjir pada sabtu, 27 Nopember 2021.

“Dari BPBD juga ada bantuan berupa Sembako yakni berupa Beras 600 kg, Mie 32 dus, Minyak goreng 10 dus dan Sarden 6 dus,” tuturnya.(Red)

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *