Dalam Jalankan perannya mewujudkan reproduksi sesuai dengan fungsi utama bidan

Ming, 26 November 2023 | 397 Views

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan selama ini kiprah dan komitmen para bidan dalam menjalankan perannya telah ditunjukan terutama dalam mewujudkan kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana sesuai dengan fungsi utama bidan, pelayanan kebidanan yang berkualitas dan meningkatkan skill bidan serta perkembangan iptek harus terus dilakukan dan ditingkatkan.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten bidang Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Barito Utara H Gazali, Minggu (26/11/2023) di gedung balai Antang Muara Teweh.

“Dengan semangat satukan langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti, saya mengajak kepada kita semua, untuk terus bergerak maju bersama-sama untuk lebih mengoptimalkan upaya pelayanan kebidanan,” katanya.

Dikatakannya, mengoptimalkan upaya pelayanan kebidanan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi, mengoptimalkan pelayanan keluarga berencana untuk mencegah terjadinya ledakan penduduk karena diperkirakan pada tahun 2045 penduduk indonesia kurang lebih mencapai 318 juta jiwa.

Hal ini kata dia jika tidak dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik, sehingga akan menimbulkan berbagai permasalahan sosial serta dampaknya.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati melalui Asisten Sekda berpesan kepada seluruh bidan di Kabupaten Barito Utara, agar membantu meringankan beban pemerintah daerah terkait percepatan penurunan stunting pada anak.

Hal ini kata dia dimulai dari pendidikan reproduksi, sosialisasi dan pendampingan terhadap ibu hamil serta membantu mensosialisasikan program makanan yang bergizi seimbang yang harus diberikan kepada anak, sehingga di kabupaten barito utara tidak ada lagi kasus stunting.

Pj Bupati Muhlis juga pada kesempatan itu menekankan bahwa nanti akan dilaksanakan juga seminar kebidanan, ia berharap agar seluruh bidan di Kabupaten Barito Utara dapat mengambil ilmu yang diberikan oleh para narasumber,” ucapnya.

“Atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara, saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia yang ke 72 dan terima kasih kepada IBI terkhusus IBI cabang Kabupaten Barito Utara atas kiprah dan pengabdiannya selama ini dalam meningkatkan kualitas kesehatan khususnya ibu dan anak, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” pungkasnya.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *