Waket DPRD Minta Pembangunan Jalan di Bantaran Sungai Dikaji Dengan Matang

Kam, 23 Februari 2023 | 301 Views

Kuala Pembuang- DPRD Kabupaten Seruyan meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya, agar setiap pekerjaan pembangunan jalan di sekitar bantaran sungai harus melalui kajian yang matang.
Sebab berdasarkan pantauannya, banyak jalan yang mengalami kerusakan di dekat bantaran sungai seperti di wilayah Dapil II.

“Saya ingatkan agar pemerintah daerah melakukan kajian dengan sebaik mungkin terlebih dulu jika hendak membangun jalan di dekat bantaran sungai, karena saat ini banyak kami temukan jalan di dekat bantaran sungai Seruyan itu seperti di dapil II yang kondisinya rusak,” kata Wakil Ketua I DPRD Seruyan, H Bambang Yantoko.

Menurutnya, rusaknya sebagian ruas jalan yang berada di bantaran sungai  daerah pemilihan II (Dapil II) yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk itu dikarenakan posisinya yang terlalu dekat dengan sungai, sehingga sewaktu air pasang akan naik ke permukaan jalan ditambah lagi dengan hujan akan menyebabkan jalan tersebut erosi sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan ke depannya pemerintah harus melakukan kajian terlebih dulu jika suatu ingin melanjutkan atau merenovasi terhadap jalan tersebut, hal itu juga dimaksudnya berkaitan dengan efisiensi anggaran.

“kita tidak ingin terjadinya pemborosan anggaran untuk pembangunan jalan di tepi sungai itu, karena seperti yang ada sudah beberapa kali diperbaiki alhasil rusak lagi,” ujarnya.

Lebih lajut Politikus Partai Golkar itu menyarankan, untuk menghemat atau efisiensi anggaran, lebih baik ke selanjutnya pembangunan jalan di wilayah tersebut ditarik ke daerah dalam yang sekiranya tidak berdekatan dengan tepi sungai.

“Kalau berdekatan dengan sungai tentu berisiko besar terjadinya erosi lagi, saya sarankan nantinya pembangunan jalan ditarik ke daerah dalam,” katanya.(sdi)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *