Pemdes Harus Tingkatkan Kesadaran Akan Potensi Desa

Sen, 19 September 2022 | 202 Views

Foto – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, (Kotim) Paisal Darmasing SP.(Fit)

Sampit,­ – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, (Kotim) Paisal Darmasing SP meminta agar pihak Pemerintah desa (Pemdes) di seluruh Kabupaten setempat menyadari berbagai potensi yang ada di desanya masing-masing.

Dia juga menilai Desa yang sudah menerapkan sistem tersebut dapat melakukan pembangunan kebun kas desa, dimana program ini dapat membantu meningkatkan pendapatan asli desa atau PADes.

“Perlu kami sampaikan bahwa pembangunan kebun kas desa ini berpotensi membantu mendongkrak pendapatan asli desa. Sehingga mampu meningkatkan pembangunan dan itu kami pastikan bisa berkelanjutan,” ungkapnya Senin (19/09/2022).

Dia juga mencontohkan dimana saat ini untuk wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, ada Desa yang sudah menikmati hasil dari program tersebut yakni Desa Bengkuang Makmur dan Kelurahan Pasir Putih, yang sudah digagas sejak 2019 yang lalu.

“Wilayah dapil IV ini sangat potensial untuk mengembangkan potensi tersebut, kita ketahui desa-desa disana memiliki ruang yang cukup dalam setiap desanya untuk di kembangkan melalui sistem pembangunan kas desa itu sendiri,” timpalnya.

Bahkan legislator PDI Perjuangan ini juga menerangkan, bahwa dalam konteks itu sendiri, kedepannya desa bisa menghasilkan pendapatan aslinya untuk menambah sumber-­sumber pembiayaan pembangunan yang tidak di akomodir melalui APBD.

“Dengan demikian apa yang menjadi target program kerja pemerintah desa yang sulit di akomodir melalui APBDES bisa direalisasikan, karena dia sudah memiliki penghasilan sendiri,” tutupnya.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *