banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Pemkab Mura Dukung Upaya Peningkatan Layanan Pemenuhan Air Bersih Kota Puruk Cahu

Sen, 29 November 2021 | 67 Views

MURUNG RAYA- Kabupaten Murung Raya (Mura) terus mendukung upaya peningkatan pelayanan air bersih ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Danum Pomulum agar dapat memenuhi layanan air bersih kepada masyarakat kota Puruk Cahu dan sekitarnya.

“Pada tahun anggaran 2022 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Intake baru dari Sungai Barito untuk mendukung pasokan air baku yang akan diproses pada IPA (Instalasi Pengelolaan Air) sehingga target kapasitas produksi 100 liter per detik dapat tercapai yang selanjutnya diproduksi menjadi air bersih untuk didistribusikan ke masyarakat,” ujar Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor di ruang rapat paripurna DPRD di Puruk Cahu, Rabu (17/11) malam.

Wabup Rejikinoor mengungkapkan, di sisi lain untuk pemenuhan layanan air bersih kepada masyarakat, selain pasokan air baku juga akan dilakukan interferensi pada jaringan pipa distribusi baik berupa perbaikan jaringan maupun penambahan jaringan pipa untuk melayani masyarakat secara menyeluruh. 

Hal tersebut dilakukan untuk menjawab permasalahan selama ini akan kurangnya debit air yang sampai ke pelanggan.

“Pemerintah terus melakukan upaya pembangunan sarana air bersih di ibu kota kecamatan seperti pada tahun anggaran 2021 ini sedang dilakukan pembangunan sarana air bersih unit Saripoi yang diharapkan tahun 2022 sudah dapat melayani masyarakat Saripoi,” ucapnya. 

Selanjutnya dapat dikembangkan untuk melayani wilayah sekitarnya melalui peningkatan kapasitas dan penambahan jaringan. Melalui Dana Alokasi Khusus pada tahun anggaran 2022 pihaknya berharap unit Muara Untu di Kecamatan Murung dapat dibangun dengan kapasitas 5 liter/detik untuk melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat. 

“Pemerintah akan terus mengupayakan pembangunan sarana air bersih sehingga target nasional 100 persen air bersih dapat terpenuhi, ” kata Rejikinoor membacakan sambutan Bupati.

Pada kesempatan itu, Wabup mengatakan kini pemerintah daerah sedang melakukan penjaringan Dewan Direksi untuk perusahaan daerah Air Minum Danum Pomolum.

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *