banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Wabup Mura Buka Kegiatan Pelatihan BTCLS Bagi Tenaga Medis

Rab, 9 Maret 2022 | 319 Views

Puruk Cahu – Peningkatan mutu pelayanan rumah sakit merupakan hal yang sangat penting serta menjadi skala prioritas yang perlu diperhatikan. Karena Rumah Sakit merupakan suatu wadah atau tempat dalam memberikan pelayanan yang paling kritis dan berbahaya. Hal tersebut dikarenakan sasaran kegiatannya menyangkut keselamatan jiwa manusia maka semua bentuk pelayanan demokratis harus bermutu tinggi.

Wabup Mura Rejikinoor menyampaikan, untuk itu agar sumber daya manusia dapat memberikan kontribusi yang positif maka diperlukan peningkatan akreditasi terhadap Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama (FKTP) dan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Di era akreditasi saat ini, ujarnya, para tenaga medis dan tenaga kesehatan dituntut untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Perawat sebagai tenaga kesehatan paling banyak di pelayanan kesehatan harus mampu memberikan pelayanan terbaik di setiap situasi.

“Oleh karena itu wajib bagi perawat yang bekerja di pelayanan kesehatan mempunyai kompetensi dalam penanganan pasien kegawatdaruratan yang dibuktikan dengan sertifikat pernah mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS),” kata Wabup dalam pelatihan BTCLS Lingkup UPTD RSUD Puruk Cahu, yang juga dihadiri Sekda Mura Hermon dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Mura di aula gudung B, Rabu (9/3/2022).

Kinoi sapaan akrab Wabup menerangkan, BTCLS merupakan kompetensi dasar bagi perawat, untuk itu Wabup mengimbau kepada para tenaga medis dan tenaga kesehatan agar dapat dengan serius mengikuti setiap materi disampaikan. Sehingga nantinya dapat memahami secara utuh tentang pentingnya peningkatan sumber daya manusia secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar.

“Saya mengharapkan dengan adanya pelatihan BTCLS ini, para tenaga medis dan tenaga kesehatan mampu menjelaskan visi misi UPTD RSUD Puruk Cahu yaitu terwujudnya rumah sakit yang unggul dan menjadi pilihan utama masyarakat Murung Raya dan sekitarnya,” ujar Wabup.

Ditambahkannya, peningkatan mutu pelayanan rumah sakit merupakan hal yang sangat penting, karena Rumah Sakit memberikan pelayanan yang paling kritis dan berbahaya. Hal tersebut dikarenakan sasaran kegiatan adalah jiwa manusia maka semua bentuk pelayanan di Rumah Sakit harus bermutu tinggi.

Selain itu, agar sumber daya manusia dapat memberikan kontribusi yang positif maka diperlukan persamaan persepsi tentang visi dan misi dan tujuan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan, yang salah satunya seperti pelatihan BTCLS yang merupakan salah satu latihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan vaskuler.

“Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar, sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita,” pungkas Wabup. (Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *