DPRD Imbau Pemkab Lakukan Pembicaraan Dengan PBS, Terkait Tenaga Kerja Lokal

Rab, 2 November 2022 | 216 Views

Kuala Pembuang – DPRD Seruyan mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk melakukan pembicaraan dengan Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit di wilayah setempat.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengatakan, hal ini berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang ada di perusahaan kelapa sawit.

“Terkait dengan tenaga kerja lokal, kami sarankan pemerintah daerah agar mengundang pihak perusahaan untuk membicarakan permasalahan ini,” katanya.

Karena menurutnya, dari pantauan tiim reses daerah pemilihan (dapil) II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk, masih banyak ditemukan laporan-laporan dari masyarakat terkait perusahaan yang tidak mau menerima atau tidak memprioritas karyawan yang berasal dari daerah sekitar perusahaan beroperasi.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, masih banyak perusahaan yang tidak memprioritaskan tenaga kerja lokal dalam perekrutan karyawan, khususnya untuk masyarakat yang ada di sekitar areal perusahaan. Dan alasannya pun juga tidak jelas,” ujarnya.

Maka dari itulah, ia menilai bahwa permasalahan ini harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Agar masyarakat di sekitar perusahaan mempunyai kesempatan yang sama dalam memperoleh lapangan kerja serta mendapatkan gajih yang sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK).(Sdi)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *