Puluhan Anggota Eskul MTsN Barito Utara Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi

Ming, 4 Februari 2024 | 361 Views

MUARA TEWEH – Puluhan anggota ektrakurikuler jurnalistik dan fotografi dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Barito Utara sangat antusias mengikuti pelatihan dan pelantikan yang dilaksanakan sekolah selama dua hari dari tanggal 3-4 Februari 2024 di aula MTSN Barito Utara, Minggu (4/2/24).

Ketua Panitia, Ibnu Firdaus mengatakan, kegiatan ini dikuti oleh puluhan anggota ekskul jurnalistik Matsy Barito Utara dengan pemateri dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DISKOMINFOSANDI) dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Utara.

Adapun lanjut dia, materi yang disampaikan adalah cara membuat website dan cara penulisannya, penyajian berita, serta cara membuat video dan pemberitaan.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan anak-anak peserta didik ektrakurikuler sekolah serta untuk menghilangkan kejenuhan anak-anak ekskul jurnalistik, maka dari itu dilaksanakaniah kegiatan pelatihan ini yang bertemakan “Mewujudkan jurnalistik muda yang responsive terhadap aktual dunia pendidikan”. Pelatihan ini dilaksanakan dengan lancar dari pagi sejak jam pujuk 07.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB,” jelas Ibnu.

Sementara itu, Ketua PWI Barito Utara, Herman menyampaikan, sangat menyambut baik dengan diselenggarakan ektrakurikuler jurnalistik dan fotografi oleh pihak sekolah MTsN Barito Utara.

“Para siswa siswi atau anggota ektrakurikuler sekolah diberi materi terkait pengetahuan dalam penyajian berita yang baik dan benar, dari penyampaian materi berupa pelatihan membuat berita dan ternyata banyak dari anggota ektrakurikuler telah memahami materi penulisan berita, meskipun tetap diberi pembinaan,” kata Herman.

Para siswa-siswi eskul MTsN ini dinilai cukup responsif dalam sesi dialog atau tanya jawab, sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami peserta, terutama terkait kaidah penyajian berita dalam menulis nama narasumber yang diberitakan serta berkaitan dengan materi dasar-dasar pembuatan berita dengan mengedepankan rumusan 5W+1H, termasuk etika jurnalistik dalam mencari atau menggali informasi yang didasarkan pada data dan fakta dari seorang narasumber untuk dipublikasikan kepada masyarakat atau pembaca berita. (al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *