Waket DPRD Ingatkan Pemdes Harus Transfaran Gunakan DD

Jum, 17 Februari 2023 | 312 Views

Kuala Pembuang- Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, H Bambang Yantoko mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa (Pemdes) yang ada di wilayah setempat agar penggunaan Dana Desa (DD) bisa mengedepankan transparansi dengan masyarakat.

“Saya imbau agar Pemdes mengedepankan transparansi dengan masyarakat dalam mengelola atau menggunakan DD itu, karena masyarakat punya hak untuk mengetahui,” katanya.

Menurut Bambang, sikap transparansi dalam pengelolaan DD sangat perlu dikedepankan, dengan begitu warga desa bisa mengetahui secara jelas ke mana saja aliran dana desa yang dianggarkan setiap tahunnya.

“Dan ini juga berkaitan dengan kontrol pembangunan, di mana masyarakat memiliki peran penting untuk menentukan arah pembangunan di desanya masing-masing,” jelasnya.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, dengan keterbukaan informasi dalam pengelolaan dana desa juga diharapkan dapat menghindarkan dari prasangka buruk masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa pun tidak pudar.

“Karena tidak jarang terjadi konflik di lapangan antara pemerintah desa dan masyarakat yang dipicu oleh kepercayaan masyarakat yang sudah pudar terhadap Kepala Desa nya, dan hal itu kebanyakan disebabkan oleh pengelolaan anggaran yang tidak transparan, maka dari itu kami ingin hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.(Sdi)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *