Legislator Minta Antisipasi Tindak Kejahatan Dengan Pengadaan PJU

Sel, 18 April 2023

Sampit – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) Riskon Fabiansyah mendorong Pemerintah Daerah setempat, untuk segera melakukan pengadaan penerangan jalan umum (PJU) demi mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya di wilayah perkotaan.

Hal tersebut diungkapkan, Riskon setelah menerima keluhan dari masyarakat saat melakukan kunjungan reses di lapangan Dapil I.

“Jalan Pemuda yang hingga kini PJU nya belum dihidupkan, padahal lampunya sudah ada sebagian. Akibatnya, jalan menjadi gelap saat malam dan dikhawatirkan rawan terjadinya tindak kejahatan. Terlebih lagi, baru-baru ini terjadi tindak pelecehan seksual di wilayah itu,” kata Riskon, (18/4/2023).

Sebelumnya jelas Riskon, ada pengendara wanita yang mengalami pelecehan seksual di Jalan S Parman. Salah satu faktor penyebab kejadian tersebut adalah kurangnya penerangan jalan. Oleh karena itu, Riskon menekankan pentingnya pengadaan PJU sebagai tindakan preventif agar tidak terulang kejadian serupa di masa depan.

Meski merupakan usulan dari masyarakat, namun mewujudkan PJU membutuhkan tindakan dari pemerintah setempat. Riskon menyoroti pentingnya peran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas umum yang bisa meningkatkan kualitas hidup. Salah satu contoh nyata adalah pengadaan PJU yang dapat membantu meningkatkan rasa aman dan mengurangi potensi tindak kejahatan di wilayah perkotaan.

Dengan adanya pengadaan PJU, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman saat beraktivitas di malam hari. Hal ini juga bisa berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di wilayah tersebut, karena masyarakat lebih berani untuk beraktivitas pada malam hari, sehingga semakin banyak waktunya untuk produktivitas.

“Oleh karena itu, pengadaan PJU menjadi salah satu hal yang penting bagi pemerintah untuk diprioritaskan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” Demikian Riskon.(Fit).

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *