banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Sekda Mura Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan ODGJ

Sen, 29 November 2021 | 84 Views

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) bersama dengan jajaran terkait lingkup pemkab setempat melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dan sinkronisasi serta evaluasi Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di daerah itu.

Rapat dipimpin Sekda Mura Hermon didampingi Asisten I Setda Serampang, di aula A kantor Bupati Murung Raya di Puruk Cahu, Jumat (19/11).

Dalam kesempatan tersebut Sekda Hermon memberikan pengantar bahwa koordinasi lintas sektor sangat penting dalam penanganan ODGJ. Masing-masing sektor mempunyai peran sesuai kapasitasnya.

“Perlunya strategi dalam mengatasi stigma dan diskriminasi yang cenderung negatif terhadap ODGJ perhatian dan kasih sayang dari anggota keluarga dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam penyembuhan ODGJ baik melalui pengobatan, terapi dan sebagainya,” kata Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Murung Raya Rusine menuturkan, diperlukan keterpaduan dan sinergitas program dan kegiatan dalam penanganan menurunkan angka terhadap orang dengan gangguan jiwa.

“Dalam mempercepat penurunan penderita orang dengan gangguan jiwa diperlukan kerja sama lintas sektor, promosi kesehatan jiwa, deteksi dini gangguan jiwa dan rehabilitasi gangguan jiwa,” ujar Rusine.

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *