banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

PT BEK Tetap Konsisten Perhatikan Warga Benangin

Sel, 20 April 2021 | 139 Views

MUARA TEWEH – PT Bharinto Ekatama (PT BEK) tetap konsisten memberi perhatian terhadap masyarakat di wilayah Desa Benangin, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kendati dihadapkan dengan permasalahan pembebasan lahan tambang batu bara yang di wilayah Desa Benangin, pihak PT BEK tetap memberi perhatian kepada masyarakat disekitar yang masuk di wilayah ring I.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan dalam pelaksanaan Corporite Sosial Responsibility (CSR) melalui program pengembangan pemberdayaan masyarakat (PPM) di Desa Benangin, Kecamatan Teweh Timur.

Hirung Duly, External Relation Head PT BEK melalui Community Development Departement Dewi menyampaikan, bahwa pihaknya dalam pembinaan terhadap masyarakat disekitar tambang dilakukan secara kontinyu baik yang sifatnya jangka panjang, jangka menengah dan insidentil.

Perusahaan pemegang izin PKP2B ini memiliki lokasi meliputi Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Untuk pembinaan jangka panjang, kami ada program beasiswa yang dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu, kemudian ada program peningkatan kompetensi guru, pembinaan sekolah Adiwiyata, bantuan honorarium guru, pelatihan keterampilan hidup/life skill dan juga bantuan kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras) sekolah,” beber Dewi didampingi Saventri, Selasa (21/4/2021).

Kemudian lanjut dia, bidang kesehatan ada bantuan PMT Posyandu, Lansia, Posbindu, Pengentasan bayi gizi kurang/BGM, bantuan peningkatan kompetensi tenaga medis, medical care, kampanye kesehatan, bantuan kelengkapan fasilitas posyandu dan puskesmas.

“Bidang ekonomi kita ada melakukan pembinaan koperasi (budidaya pertanian, peternakan, dan perikanan), pembinaan UKM untuk pemberdayaan perempuan, bantuan kelengkapan kelompok anyaman rotan,” tandasnya.

Dan beberapa bidang lain yang rutin di support, seperti untuk hari raya keagamaan, seni budaya, pemuda dan olahraga yang bersifat insidentil. Perusahaan tetap pada komitmennya dalam melakukan pembinaan ataupun perhatian terhadap masyarakat sekitar tambang.

Oleh sebab itu, kehadiran perusahaan tambang batubara Grup Banpu diharapkan bisa mendapat dukungan dalam kegiatan eksplorasi tambang, sehingga perusahaan dapat terus berkontribusi terhadap perkembangan masyarakat dan pembangunan daerah.

Disampaikannya juga bahwa telah melakukan pertemuan dengan beberapa pihak dalam rangka observasi ke puskesmas, sekaligus diskusi perbaikan masjid dan balai basarah, juga pemberian bantuan untuk relokasi tempat pemakaman umum (TPU) di Desa Benangin.

“Pada bulan lalu kami bertemu dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara H Siswandoyo dalam rangka serah terima alat kesehatan (Alkes dan kordinasi pengadaan dokter untuk ditempatkan di Puskesmas Benangin,” pungkas Dewi. (red)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *