banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Pemkab Murung Raya Berikan Dukungan Pembinaan Enam Koperasi Binaan IMK

Sen, 15 November 2021 | 106 Views

PURUK CAHU-Pemerintah Kabupaten Murung Raya bersama PT IMK lakukan senergitas dalam penguatan pembinaan koperasi melalui Dinas Perindustian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM kabupaten setempat.

Rapat koordinasi senergitas pembinaan enam Koperasi di bawah naungan PT IMK dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Murung Raya yang didampingi Seketaris Daerah Murung Raya, Kapala Disnakertrans, Disperindakop dan UMKM setempat di aula gedung A Lt II Setda Kantor Bupati di Puruk Cahu, Kamis (11/11).

Pembina Koperasi PT IMK, Jayanto menyampaikan koperasi yang pihaknya bina ada enam Koperasi yakni Koperasi Gunung Gantilung Sukses, Langan Poring Berjaya, Bumi Subur Baru, Batu Uot Bura, Ini Milik Kita dan Koperasi Babe Ico Pakat.

“Koperasi yang ada masing-masing bergerak dibidang petani karet (jual beli karet) yakni Koperasi Gunung Gantilung Sukses dan Langan Poring Berjaya yang beranggotakan 448 orang, Koperasi Bumi Subur Baru dan Batu Uot Bura bergerak dibidang pertanian dan perikanan sedangkan koperasi Ini Milik Kita dan Babe Ico Pakat bergerak dibidang pengolah pangan dan konveksi,” katanya.

Melalui koperasi inilah, pihak perusahaan dapat mengupayakan dan mengusahakan kesejahteraan di bumi Tana Malai Tolung Lingu dalam Forum Koperasi Lingkar Tambang IMK yang memiliki unit usaha Rumah Kopi, Rumah Getah, Peternakan, Pembibitan, Perikanan dan Kios Tani, kata Jayanto.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koprasi dan UMKM Murung Raya Nyarutono Tunjan menyampaikan perlu juga pembinaan bagi 98 Koperasi yang ada di wilayah Murung Raya yang saat ini hanya 38 Koperasi yang aktif dan dari 38 itu yang aktif melakukan rapat agenda tahunan cuma satu koperasi.

Pada tahun 2022, teman-teman binaan 38 koperasi yang aktif ini ke depannya dapat melaksanakan rapat agenda tahunan (RAT).
Agar terciptanya penguatan senergitas koperasi antara pemerintah daerah, provinsi bahkan pusat untuk melakukan dukungan sarana dan prasarana.

Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon juga mengatakan menyangkut dukungan berupa bantuan dari pemerintah bagi setiap koperasi tidak semua koperasi yang dapat bantuan.

Koperasi yang layak mendapat bantuan ialah koperasi yang benar-benar beroperasi sesuai aturan.Semangat koperasi ialah semangat untuk mensejahterakan anggotanya jika dilaksanakan dengan niat yang ikhlas dalam bekerja.

“Kami selaku pemerintah menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pihak PT IMK dalam pembinaan Koperasi bagi masyarakat di sekitar wilayah tambangnya,” kata Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor.

Apa yang menjadi keinginan masyarakat selama ini dapat dibina dan diakomodir oleh pihaknya bersama baik dalam pertanian, perikanan dan kerajinan menganyam dan lainnya.

“Maka disinilah kehadiran pemerintah memberikan dukungan kepada pihak koperasi, dan jangan sampai ketika tiba dititik kesuksesan memjadi milik bersama tetapi disaat kesulitan dibiarkan oleh semua pihak,” kata Wabup.

Artinya rasa kepemilikan itu harus berimbang dalam pertanggung jawaban bersama antara mencapai kesuksesan dalam kesulitan.(mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *