banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

HUT Barito Utara Ke 71, Beberapa Capaian Pembangunan Infrastruktur

Sel, 29 Juni 2021 | 130 Views

MUARA TEWEH– Pemerintah Kabupaten Barito Utara, memperingati Hari Jadi ke 71  tahun 2021. Peringatan Hari jadi ke 71 dilaksanakan secara langsung dan virtual di rumah jabatan bupati, Selasa (29/6/2021).

Dalam peringatan Hari Jadi hadir juga Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng, H Jimmy Carter, Ketua DPRD , Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua I dan II DPRD, Sekretaris Daerah, unsur FKPD, anggota DPRD, asisten Sekda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sedangkan secara virtual disaksikan oleh mantan Bupati Barito Utara, kepala perangkat daerah, camat, dan masyarakat lainnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Bupati H Nadalsyah menyampaikan ucapan atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Kalteng, Selamat Hari Jadi ke 71 Kabupaten Barito Utara Tahun 2021. 

Dikatakan Gubernur, Seiring bertambahnya usia, semoga Kabupaten Barito Utara mampu menjadi kabupaten yang berdaya saing tinggi dan memberikan pelayanan prima, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang semakin maju, dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut pula Gubernur Kalteng sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati H. Nadalsyah beserta jajaran atas prestasi dan capaian pembangunan yang telah diraih.

Menurut,  Pemkab Barito Utara memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tujuh kali berturut-turut.

Selain itu, meraih predikat “B” dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kemudian, penghargaan dari Badan Pengawasan Pembangunan dan Keuangan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah untuk pencapaian kapabilitas APIP Level 3.

Menjadi salah satu dari 79 Kabupaten/Kota yang memperoleh penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia , untuk kategori Kabupaten Cukup Peduli Hak Asasi Manusia.

Untuk sektor kelistrikan lanjutnya, 64 persen dari wilayah Kabupaten Barito Utara telah dialiri listrik PLN, yaitu sebanyak 66 dari total 103 desa/kelurahan. 

“Untuk sektor pertanian, pengembangan budidaya Jagung Hibrida di Barito Utara merupakan 80 persen dari seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Selain itu, Kementerian Pertanian telah memberikan Sertifikat Tanda Daftar untuk empat varietas Tanaman Padi Unggul Lokal, yaitu Padi Talun Koyem, Padi Talun Setia, Padi Longkong, dan Padi Raden Pahit,” kata dia.

Sementara untuk sektor infrastruktur, Bandara H Muhammad Sidik Muara Teweh beberapa waktu lalu telah diresmikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Kemudian, Jembatan Penyeberangan Muara Teweh-Jingah sudah dirampungkan. 

Dan saat ini jelasnya, pembangunan Gedung Rumah Sakit Wing C dan Ruang Terbuka Hijau RSUD Muara Teweh sudah masuk tahap penyelesaian dan ditargetkan akhir tahun 2021 bisa 100 persen sudah beroperasi.

“Saya juga menyampaikan penghargaan kepada para mantan Bupati dan Wakil Bupati, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan seluruh elemen masyarakat, baik yang masih hidup maupun telah tiada, atas pengabdian, sumbangsih pemikiran, dan peran sertanya membangun Kabupaten Barito Utara yang semakin maju,” katanya lagi.(Ani)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *