banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Dinas Pertanian Tanam Padi Organik Di Desa Paring Lahung

Sen, 21 Juni 2021 | 104 Views

MUARA TEWEH – Dalam rangka pencapaian swasembada pangan dan pemanfaatan potensi lahan pertanian, kelompok tani Mitra Laba dibawah binaan Bupati Barito Utara melaksanakan tanam perdana padi organik, Senin (21/6/2021) 

Tanam perdana padi sawah organik infari 30 di lahan kelompok tani mitra laba, Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat dilakukan oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra bersama, Kepala Dinas Pertanian,  DisSosPMD, Kalak BPBD, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala BTN, Ketua TP PKK, Ketua GOW.

Selain itu turut serta juga,Ketua Harian Pramuka yang disaksikan oleh Kadis Kominfosandi, Unsur Tripika Kecamatan Montallat, Camat Lahei Barat. 

Kepala Dinas Pertanian, Syahmiludin A Surapati menyampaikan,pihaknya mendukung dari sisi teknis terkait penanaman dan juga pengelolaan lahan termasuk pengairan. 

Dikatakannya,pada  musim tanam Asep 2021, penanaman padi seluas 1.000 hektar. Selain itu pada musim tanam Okmar yang banyak petani menanam padi sedangkan dimusim ASep sangat jarang yang menanam padi.

Sistem pengairan yang digunakan yakni sistem pompanisasi, dimana saat ini masih menggunakan diesel sebagai penggerak pompanya. Nanti akan digunakan Solar cell untuk sistem kelistrikannya, sehingga nantinya dapat diaplikasikan oleh para petani lainnya.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan, Saat ini Pemkab sangat konsisten melakukan pembangunan, baik infrastruktur dan pertanian maupun bidang lainnya. 

“Penanaman padi sawah yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Mitra Laba bisa dijadikan contoh bagi para petani kita saat ini. Bupati berpesan Ayo bertani, karena bertani itu keren” tutup Sugianto.(Ani)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *