banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Aparat Desa Dilatih Pengelolan Keuangan Desa

Sab, 6 November 2021 | 131 Views

MURUNG RAYA – Sebanyak 13 kepala desa dan kaur keuangan desa, diberikan pelatihan penggelolaan keuangan desa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bekerjasama dengan PT Indo Muro Kencana (IMK).

Kegiatan dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang, dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Mura Serampang yang mewakili Bupati Mura, didampingi Kepala DPMD Kab.Mura Asnawiyah, perwakilan pimpinan PT.IMK Eko, narasumber dari BPKP Provinsi Kalteng, Camat Murung, Camat Tanah Siang Selatan, para Kepala Desa dan Kaur Keuangan desa, Senin (27/9).

Pelatihan ini dilaksanakan Dalam rangka pengembangan kapasitas sumber daya manusia Aparat Pemerintah desa dan terciptanya Penggelolaan sistem di desa yang baik.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Mura Serampang mengatakan, seperti halnya Pemerintah Daerah/Kabupaten, Pemerintah Desa pun harus selalu bersinergi dalam hal penyelengaraan pemerintahan, bukan hanya urusan admisnistrasi saja, melainkan meliputi segala aspek yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri baik sosial, politik, ekonomi dan budaya.

“Sehingga implementasi dalam pelaksanaan Pemerintahan Desa sangat dibutuhkan aparatur yang tidak hanya memiliki kemampuan dan potensi manajerial saja, tetapi juga memahami akan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang penyelenggaraan pemerintahan desa itu sendiri,” katanya, membacakan sambutan Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph.

Disampaikannya pula, untuk dapat memahami konteks bidang tersebut, dirasa perlu dilaksanakan berbagai pelatihan kepada aparatur pemerintah desa dan yang tidak kalah penting salah satunya yaitu pelatihan tentang pengelolaan keuangan Desa seperti yang akan saudara-saudara ikuti pada hari ini.

“Dengan maksud dan tujuan agar semua dana yang diterima oleh Pemerintah Desa dapat dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan serta mengutamakan kepentingan masyarakat,” ucapnya. 

Sementara Perwakilan pimpinan PT.IMK, Eko dalam laporannya mengatakan pelatihan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan pelatihan sebelumnya (pelatihan terkait dengan kelembagaan desa) yang dilaksanakan minggu lalu salah satunya tentang bagaimana menggelola desa.

“Dalam tata penggelolaan itu tidak terlepas, karena desa sebagai bagian yang paling dekat dengan masyarakat yang tentunya juga menggelola sumber daya, sumber dana baik internal maupun dana dari Pusat, Provinsi, Kabupaten tentunya butuh sebuah pemahaman, keterampilan teknis terkait dengan penggelolaan keuangan desa,” kata.(Red)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *