Wabup Pimpin Apel Peringatan Hari Pahlawan Di Tengah Hujan Gerimis

Kam, 10 November 2022 | 266 Views

Puruk Cahu – Meski di tengah hujan gerimis, apel peringatan Hari Pahlawan Ke-77 yang dilaksanalan oleh Pemkab Mura tetap berjalan dengan hikmad. Apel dipimpin Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor serta diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Murung Raya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Puruk Cahu, Kamis (10/11/2022) pagi.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan. Kemudian mengheningkan cipta dipimpin oleh Wabup selaku Inspektur Upacara.

Wabup bersama unsur Forkopimda Mura juga meletakkan karangan bunga, dilanjutkan pembacaan pesan-pesan Pahlawan, pembacaan doa bagi arwah para pahlawan, hingga tabur bunga di makam Pahlawan Puruk Cahu.

“Tentu menjadi sebuah rasa syukur kita bisa hidup tanpa ada peperangan, penjajahan dan ketidaknyamanan. Kini kita bisa hidup dalam suasana damai. Itu semua harus kita sadari, bahwa apa-apa yang kita alami dan rasakan saat ini adalah buah dari perjuangan para Pahlawan kita yang telah merelakan segalanya demi Kemerdekaan Bangsa ini,” tutur Rejikinoor.

Rejikinoor mengatakan, Indonesia sendiri merupakan salah satu Bangsa yang memiliki Pejuang-pejuang tangguh dan berani, hal itu dibuktikan dengan telah merdekanya Bangsa Indonesia.

“Sehingga, patutlah hari ini kita mengenangkan jasa-jasa para pejuang Bangsa kita. Sudah layak dan sepantasnya kita memberikan penghormatan yang besar dan pengakuan yang tak terhingga untuk mereka semua. Hari ini mendoakan jiwa-jiwa mereka yang telah memperjuangkan nasib Bangsa dari dahulu kala,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, Hari Pahlawan menjadi peringatan penting untuk kembali mengenangkan jasa-jasa para Pahlawan dan merenungkan kembali nilai-nilai positif dari perjuangan mereka.

“Kita menelaah kembali semangat juang dan juga semangat Nasionalisme, serta Patriotisme yang mereka jaga hingga nyawa menjadi korban. Sebab martabat Bangsa dan Kemerdekaan menjadi hal yang lebih berharga. Selamat merayakan Hari Pahlawan 10 November 2022, Pahlawanku Teladanku,” pungkas Rejikinoor. (Mur).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *