Wabup Mura Hadiri Musrenbang RKPD Kalteng 2024

Kam, 13 April 2023 | 283 Views

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya (Mura) Rejikinoor mengikuti Musrenbang Provinsi Kalteng 2024.

Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 ini berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (13/4/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yakni luring dan daring, dan dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo.

Wagub mengatakan pembangunan Kalteng 2024 mengacu pada arah kebijakan pembangunan Provinsi Kalteng yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026, dengan tema “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan (Growth Green) Melalui Investasi dan Infrastruktur”.

“Ekonomi Kalimantan Tengah pada 2022 tumbuh 6,45 persen, yang didorong oleh perbaikan harga komoditas batu bara dan peningkatan aktivitas ekonomi Regional, Nasional dan Global, sejalan meningkatnya mobilitas pasca berhasilnya penanganan dan pengendalian COVID-19,” ucap Wagub.

Ia juga mengatakan meski banyak capaian pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah, namun prevalensi stunting di Kalimantan Tengah masih berada pada angka 26,9 persen, di atas angka stunting nasional 26,1 persen.

Wagub meminta agar bupati/wali kota mendorong peningkatan investasi di daerah masing-masing untuk perluasan lapangan kerja, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan.

“Saya juga meminta Perangkat Daerah terkait yang bertugas di bidang perizinan agar menghindari proses perizinan yang berbelit-belit, dan seluruh pemangku kepentingan agar meningkatkan inovasi untuk mendukung perkembangan dan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah,” sebutnya.

Selain itu, terkait arahan Mendagri, Wabup Mura Rejikinoor akan menindaklanjutinya dan bersama unsur Forkopimda Kabupaten Murung Raya. “Pemkab Murung Raya dan stakeholder terkait berupaya maksimal menjaga stabilitas keamanan menjelang pemilihan umum serentak 2024 mendatang,” singkat Wabup Rejikinoor.

Hadir secara langsung pada Musrenbang tersebut, Plt. Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN Bappenas R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Made Arya Wijaya, Wakil Ketua I DPRD Prov. Kalteng H. Abdul Razak, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, serta Bupati/Wali Kota se-Kalteng beserta jajaran. Hadir pula secara virtual Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng.(mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *