Sekda Barito Utara Tinjau RPH Berstandar ASUH

Jum, 16 Desember 2022 | 261 Views

MUARA TEWEH – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Drs Muhlis meninjau langsung Rumah Pemotongan Hewan ( RPH ) di Rapen Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, yang telah di renovasi menjadi RPH modern, Jumat 16 Desember 2022.

Pada peninjauan tersebut, Sekretaris Daerah Drs Muhlis mengaku RPH modern ini dibangun berstandar ASUH yaitu Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

“Hal ini untuk menjamin kesehatan, keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengkonsumsi daging ternak di Barito Utara,” jelas Sekda Barito Utara.

Disampaikannya, guna memastikan hewan seperti sapi, maupun kambing atau domba memiliki kualitas yang baik serta terbebas dari segala penyakit atau kecacatan dari segi fisik.

Muhlis menyakini, bahwa RPH Barito Utara ini memiliki hewan ternak yang kualitasnya baik, karena sudah sesuai prosedur, pemerintah daerah akan mendorong bagi pedagang atau penjual daging untuk menjaga kualitasnya agar tetap terjamin kesehatan dagingnya.

Mantan Kepala Bappedalitbang ini berharap RPH ini nantinya akan menjadi sarana untuk masyarakat dalam mengembangkan usaha peternakannya.

Sementara itu, Kepala Distan Kabupaten Barito Utara Syahmilludin A. Surapati, didampinggi Kepala Bidang Peternakan Abdul Muin mengemukakan, pihaknya terus meningkatkan sarana prasana kebutuhan RPH, hadirnya RPH ini berkat sinergi semua pihak, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten, bisa manfaatkan dengan baik serta untuk menjamin kualitas daging hewan yang sehat dan halal sesuai standar ASUH yang direncanakan.

“RPH modern ini berstandar ASUH untuk menjamin kesehatan, keamanan, dan kenyamanan dalam mengkonsumsi daging ternak bagi masyarakat di Barito Utara,” tegas Syahmil.

RPH ini ukuran bangunan lebar 9 meter, dan panjang 20 meter, dengan dana pembangunan rehap dan peralatan RPH dari dana DAK pusat sebesar Rp2,9 miliar waktu pelaksanaan sekitar 5 bulan ditambahkan pekerjaan perbaikan jalan menuju RPH tersebut.

Turut hadir mendampinggi Sekretaris Daerah, Kepala SOPD, Kepala Badan, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang terkait dan undangan lainnya.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah beserta rombongan melakukan peninjauan, Unit Pelaksana Teknis ( UPT) Pembibitan Peternakan KM.5 dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Pertanian KM.7 Jalan Negara Muara Teweh Puruk Cahu. (al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *