Peningkatan Kompetensi SDM Pedesaan, Disnakertranskop Barut Adakan Pelatihan

Sab, 24 Desember 2022 | 261 Views

Muara Teweh – Desa merupakan ujung tombak pembangunan karena desa merupakan unit pemerintahan terkecil yang dapat menentukan majunya perekonomian nasional.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara M Mastur di Muara Teweh, Sabtu (24/12/2022) mengatakan ada tiga kebijakan dalam peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pedesaan.

Dikatakan Mastur, pemerintah mendorong perangkat desa untuk terus meningkatkan komptensi SDM bagi masyarakat desa melalui pelatihan kerja, baik pelatihan berbasis kompetensi maupun dengan sistem pemagangan.

Nota kesepahaman bersama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tentang sinergi program penumbuhan dan pengembangan kewausahaan dalam rangka pengurangan pengangguran dan peningkatan perekonomian berbasis desa.

“Ketiga Kementerian sepakat melakukan kerja sama dalam ruang lingkup penumbuhkembangkan kewirausahaan pedesaan, pengembangan SDM unggul pedesaan, pengembangan perekonomian pedesaan serta pengembangan dan integritas data dan informasi terkait dengan pengembangan ekonomi desa,” kata Mastur.

Dikatakan Mastur, dalam upaya peningkatan kompetensi SDM tersebut, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara mengambil peran dalam peningkatan kompetensi SDM khususnya yang berasal dari pedesaan dengan melaksanakan program dan kegiatan berupa pelatihan dan pemagangan pada tahun 2022 dan 2023.

Pelatihan yang dilaksanakan melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Bidang Tenaga Kerja Bidang Koperasi dan Bidang UKM serta Bidang Transmigrasi pada Disnakertranskop UKM Barito Utara.

Adapun pelatihan yang dilaksanakan yaitu pelatihan komputer dasar, pelatihan komputer desain grafis, pelatihan menjahit pakaian wanita dan pria, pelatihan perbengkelan roda dua, pelatihan kerajinan berbahan rotan, pelatihan mengemudi, pelatihan mekanik alat berat, pelatihan operator alat berat dan pelatihan kewirausahaan.

“Setelah mengikuti pelatihan, para peserta pelatihan langsung mengikuti pemagangan dalam negeri yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara. Untuk pemagangan dalam negeri ini diikuti para peserta jurusan administrasi dan jurusan mekanik,” kata Mastur.(al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *