banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Pemkab Kotim Diingatkan Hindari Proyek Bersifat Mercusuar

Jum, 7 Januari 2022 | 271 Views

Foto - Ketua Komisi IV DPRD Kotim, M. Kurniawan Anwar.(Fit).

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diingatkan untuk menghindari proyek bersifat mercusuar yang menelan biaya anggaran APBD cukup besar. Karena masih banyak kebutuhan pembangunan lainnya yang jauh lebih penting dan mendesak bagi masyarakat.

Hal itu dikemukakan, Ketua Komisi IV DPRD Kotim, M. Kurniawan Anwar menyusul banyaknya keluhan masyarakat terhadap kebutuhan pembangunan yang urgen terutama infrastuktur.

“Kami mengingatkan pemerintah kabupaten untuk mengubah mind set (pola pikir) pembangunan. Jangan lagi pembangunan yang bersifat mercusuar megah dan menelan biaya besar namun minim manfaat,” kata Kurniawan di Sampit, Jum’at (7/1).

Menurutnya, saat ini keuangan daerah masih sulit dan terbatas imbas pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Sangat disayangkan jika kemudian sampai ada proyek pembangunan yang hanya untuk “gagah-gagahan” atau untuk memperoleh nama, padahal banyak program penting lain yang dibutuhkan masyarakat.

Pemerintah kabupaten diminta melihat kondisi riil di lapangan dalam membuat program pembangunan. Banyak aspirasi-aspirasi masyarakat yang harus didahulukan dibanding membuat bangunan yang tujuannya hanya untuk bermegah-megah.

Masih banyak infrastruktur yang mendesak untuk dibangun. Keterbatasan infrastruktur itu tidak hanya terjadi di pelosok desa, tapi juga dengan mudah ditemukan di sejumlah lokasi di kota Sampit.

Menurut Kurniawan, anggaran daerah yang dimiliki daerah terbatas, harus digunakan secara efektif dan efisien. Anggaran diprioritaskan untuk program mendesak dan serapan anggarannya juga harus dioptimalkan.

Dia yakin Bupati Halikinnor mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dengan memprioritaskan program yang memang benar-benar sedang dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu anggaran yang digunakan bisa maksimal dan membawa manfaat besar bagi masyarakat.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *