banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Pemkab Murung Raya Bangun “Lopo Betang” Rumah Kebanggaan Suku Dayak

Sel, 22 Maret 2022 | 336 Views

Puruk Cahu-Pemerintahan Kabupaten Murung Raya membangun Lopo Betang atau rumah betang yang dilakukan Bupati setempat Perdie M Yoseph di Bumi Perkemahan Pramuka Puruk Cahu Seberang, Selasa (22/3/2022).

Peletakan Batu pertama dihadiri oleh unsur perwakilan Dinas Budaya Dan Pariwisatan Prov. Kalimantan Tengah, dan 13 Kabupaten 1 Kota Palangka Raya serta Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Sekretaris Daerah Hermon, Wakapolres Murung Raya, Perwira Penghubung Kodim 1013 MTW, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Murung Raya, dan Sekretaris Umum DAD Mura serta Kepala SKPD Kabupaten Murung Raya dan unsur lainnya.

“Bangunan dua unit Lopo Betang Perdie M. Yoseph ini dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 2,7 hektare dari luas lahan tersedia 9,4 hektare sesuai rencana detail tata ruang terbuka hijau seluas 78 hekater yang ada di Kota Puruk Cahu,” kata Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Pembangunan Lopo Betang “Kembar” untuk tahap pertama tahun ini dibangun satu unit berukuran 41 meter x 29 meter dan selanjutnya akan dibangun pada tahun 2023 yang menggambarkan sebuah kekuatan identitas Dayak yang profesional dan seimbang.

Dalam proses pembangunan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menargetkan akan selesai pada tanggal 1 Agustus 2023 bertepatan hari ulang tahun Kabupaten Murung Raya ke-21, “Lopo Betang Perdie M. Yoseph” akan diresmikan.

Bupati Perdie juga menjelaskan pembangunan Lopo Betang berada di jalur lalu lintas keluar masuk menuju Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

“Ketika orang masuk atau keluar secara tidak langsung tergambar dibenak pikiran suku Dayak punya kebanggaan memiliki Rumah Betang atau “Lopo Betang” dan jangan sampai nilai budaya kita sendiri sedikit demi sedikit akan hilang fisik, identitas yang menjadi kebanggaan suku Dayak,” kata Pedie.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *