Bupati Mura Tanam Jagung di Desa Danau Usung

Sab, 3 September 2022 | 257 Views

Puruk Cahu – Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, Kodim 1013 Muara Teweh mengagas penanaman jagung serentak di wilayahnya, salah satunya di Kabupaten Murung Raya di desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Sabtu (3/9/2022).

 

Kegiatan penanaman jagung ini dihadiri Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph  Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko, Ketua DPRD Doni, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, anggota DPRD Heriyus, Danramil 1013-07 Puruk Cahu, Danki Kompi 631 C Antang, serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait.

 

Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko mengatakan, penanaman jagung serentak di wilayah jajaran Kodim Muara Teweh ini merupakan perwujudan program unggulan sesuai arahan pimpinan TNI-AD.

 

 “Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, kita melaksanakan penanaman jagung di wilayah teritorial Kodim 1013 Muara Teweh dan diwilayah Murung Raya,” kata Edi Purwoko.

 

Selain itu, melalui tanam jagung ini akan mampu meningkatkan produksi bahan pangan dan mendukung program Pemerintah dalam hal Ketahanan pangan.

Ia menambahkan, kehadiran TNI-AD selain untuk menjaga keutuhan Negara, juga harus turut hadir di tengah-tengah masyarakat, salah satunya membantu masyarakat menyiapkan ketahanan pangan dan juga untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan dan krisis energi akibat terjadinya perang Rusia dan Ukraina.

 

Sementara itu Bupati Mura Perdie M. Yoseph memberikan apresiasi kepada komandan Kodim 1013/Mtw dan jajarannya yang melaksanakan kegiatan tanam jagung serentak ini.

ia menilai kegiatan tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Murung Raya, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera dan bermartabat.

 

“Makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat tidak tergantung hanya pada beras saja, tetapi juga kita mendorong penganekaragaman pangan lokal, seperti singkong, jagung, pisang, ubi jalar dan lain-lain,” tutur Perdie.

 

Perdie juga berharap melalui kegiatan tanam jagung serentak ini, mampu mewujudkan perubahan pola pikir masyarakat dan lebih menekankan pada komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan lahan terlantar/tidur yang ada disekitar rumah yang tidak terpakai.

 

“Melalui acara ini dapat menguatkan tekad dan menambah kemampuan kita mempersembahkan yang terbaik bagi daerah kita Kabupaten Murung Raya yang tercinta ini,” tuturnya.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *