banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Bupati dan Forkopinda Cek Kesiapan Angkutan Umum

Rab, 27 April 2022 | 270 Views

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph bersama sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Perangkat Daerah terkait mengecek kesiapan fasilitas dan pelayanan angkutan mudik lebaran 2022.

Pengecekan kesiapan angkutan mudik tersebut pada sejumlah loket travel di Kota Puruk Cahu dan ferry penyebrangan desa Mangkahui, pelabuhan Tira Tangka Balang dan pelabuhan pasar pelita hilir, Rabu (27/4/2022).

“Ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalananan pulang kampung dari ibukota Puruk Cahu ke desa-desa, kecamatan/kelurahan wilayah Murung Raya, maupun yang melaksanakan mudik lebaran ke luar daerah Murung Raya,” tutur Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Perdie juga mengingatkan para pemudik maupun pengemudi baik angkutan darat, sungai dan udara untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kehati-hatian dan mematuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas selama dalam perjalanan.
“Tingkatkan kehati-hatian dan siapkan diri dan kendaraan yang digunakan agar selamat sampai tujuan,” kata Perdie.

Dalam pemantauan itu, ia melihat adanya lonjakan penumpang yang menggunakan sejumlah angkutan salah satunya armada angkutan darat untuk mudik lebaran.

Perdie memperkirakan akan ada banyak masyarakat mudik ke kampung halamannya. Sebab sudah dua tahun tidak melakukan mudik lantaran pandemi Covid-19. Karena itu, menurutnya, kesiapan layanan mudik sebagai bentuk kehadiran pemerintah sangat penting untuk memastikan arus mudik aman, lancar dan sehat. 

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Putu Suranta mengatakan, kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan kendaraan umum ini juga dilakukan yaitu kegiatan pengecekan armada angkutan darat dalam rangka menyambut masa mudik lebaran berjalan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 38 Tahun 2022, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi darat pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Pegecekan dilakukan meliputi kelengkapan surat-surat, kondisi fisik, pengereman, wiper, lampu, hingga emisi buang,” ujar Putu Suranta.

Ia menyampaikan, hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman penumpang yang mudik, jumlah pemudik diprediksi akan meningkat pada tanggal 27-28 April 2022.

“Pemudik diharapkan dapat melengkapi persyaratan mudik dengan sudah melakukan vaksinasi booster serta selalu menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Kadishub Kab.Mura Putu Suranta.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *