Bupati Barito Utara Sampaikan Dokumen Batas Administrasi ke Kemendagri

Kam, 25 Agustus 2022 | 291 Views

Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyampaikan Dokumen Batas Administrasi Kabupaten Barito Utara antar Kabupaten Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, antar Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, kepada Direktur Toponimi dan Batas Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto, Kamis (25/8/2022).  

 

Dalam penyampaian data dan dokumen tata batas tersebut bupati didampingi Sekda, Drs Muhlis, Kadis PUPR, M Iman Topik, dan Kabag Pemerintahan, BP Girsang, SP menyampaikan Dokumen Batas Administrasi Kabupaten Barito Utara antar Kabupaten Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, antar Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

 

Hal tersebut juga menindaklanjuti hasil penyampaian rapat secara virtual pada Senin, 8 Agustus 2022 lalu dan dalam rangka percepatan penyelesaian batas Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada segmen batas antar kabupaten wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan antar Kalimantan Timur dengan Kalimantan Selatan, 

 

Rombongan Bupati Barito Utara diterima langsung oleh Direktur Toponimi dan Batas Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto, dan jajarannya di Ruang Rapat Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. 

 

Pada kesempatan itu Bupati Barito Utara, H Nadalsyah memberikan tanggapan terhadap penentuan titik dan penarikan garis batas oleh Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat terkait tata batas wilayah Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Murung Raya dan Barito Selatan (Kalteng), Kabupaten Paser, Kutai Timur dan Mahakam Hulu (Kaltim), dan Kabupaten Tabalong (Kalsel).

 

Bupati H Nadalsyah berharap agar Tim PBD Pusat dapat mengakomodir usulan yang disampaikan oleh Tim PBD Kabupaten Barito Utara. 

 

“Semoga Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dapat memutuskan yang terbaik, sehingga tata batas Kabupaten Barito Utara segera selesai,” kata H Nadalsyah. 

 

Selain itu, Bupati juga berharap juga bahwa dokumen yang telah disampaikan menjadi acuan dalam penentuan tata batas. “Terlebih Tim PBD Kab. Barut bersama Tim PBD Pusat dan Provinsi Kalteng telah melakukan verifikasi lapangan beberapa waktu yang lalu,” jelas H Nadalsyah.

 

Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya maksimal untuk menyelesaikan tata batas Kabupaten Barito Utara dengan beberapa kabupaten lainnya baik dari Provinsi Kalteng, Kaltim dan Kalsel. 

 

“Kita akan menerima apapun keputusan yang nantinya diberikan oleh Kemendagri terkait tata batas ini,” pungkasnya.(Al)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *