Antisipasi Penimbunan Bahan Pokok, Pemkab Mura Gelar Operasi Pasar

Rab, 12 Oktober 2022 | 285 Views

Puruk Cagu- Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Murung Raya (Mura) bersama Polres setempat menggelar operasi pasar dalam rangka mengantisipasi terjadinya penimbunan terhadap beberapa jenis bahan pokok, terkhusus pada gas elpiji 3 kilogram (Kg).

Operasi pasar tersebut berlangsung dibeberapa agen penjualan gas elpiji 3kg, kemudian dilanjutkan dikawasan Pasar Pelita Hilir Kota Puruk Cahu, Rabu (12/10/2022).

Kepala Diskop UKM Perindag Mura, dr Suria Siri menjelaskan bahwa untuk harga sembako memang ada mengalami kenaikan maupun fluktuasi di beberapa jenis, namun tidak terlalu signifikan.

“Kenaikan yang terjadi di Kabupaten Mura untuk beberapa jenis bahan pokok masih dalam batas wajar, sehingga tidak mengganggu daya beli masyarakat, sedangkan untuk ketersediaan bahan pokok masih mencukupi dan sampai saat ini belum ada kelangkaan,” ucapnya.

Sementara Kapolres Mura, AKBP I Gede Putu Widyana menjelaskan, bahwa kegiatan operasi pasar bersama dengan Diskop UKM Perindag Mura tersebut dilakukan pasca adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu, yang dampaknya berimbas pada laju inflasi di daerah.

“Kegiatan ini sekaligus melakukan penelusuran terkait penyebab tingginya harga jual eceran gas elpiji 3 kg bersubsidi di beberapa agen dan pangkalan,” tuturnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, untuk harga gas elpiji 3 kg masih di atas HET di mana dari tingkat agen seharga Rp21.000 dari pangkalan dengan Harga Rp30.000, sedangkan ditingkat pengecer di jual seharga Rp45.000.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *