80 Desa di Mura Masih Blank Spot

Rab, 20 Juli 2022 | 217 Views

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten setempat melaksanakan sosialisasi rencana integrasi jaringan internet dan samart city oleh Icon Plus PLN. Acara tersebut berlangsung di aula Gedung B kantor Bupati Mura, dihadiri Wakil Bupati Mura, Rejikinoor, Kepala Diskominfo SP Mura, Bimo Santoso, dan pihak terkait lainnya, Rabu (20/7/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor yang menyampaikan sambutan Bupati Mura, Perdie M Yoseph mengungkapkan, data Dinas Kominfo SP Mura tahun 2022 ada 80 desa yang masih blank spot atau belum memiliki sinyal.

Adanya sosialisasi ini diharapkan, dapat membantu Kabupaten Mura khususnya dalam mengejar ketertinggalan infrastruktur IT, dan dengan adanya infrastruktur IT yang memadai nantinya dapat menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya sosialisasi oleh tim Icon Plus diharapkan dapat memberikan masukan atau solusi bagi Kabupaten Mura,” ucapnya.

Sementara, Kadis Kominfo SP, Kabupaten Mura Bimo Santoso mengatakan, sebagai Kabupaten baru, Kabupaten Mura juga sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, dituntut harus siap dan berbenah untuk infrastruktur, tidak hanya infrastruktur berupa fisik (Jalan dan bangunan), akan tetapi juga harus siap untuk infrastruktur berupa IT (Informasi Teknologi). “Sosialisasi ini, kerjasama antara Kominfo dengan Icon Plus,” katanya.

Dijelaskannya, maksud diadakan acara sosialisasi dengan tema rencana integrasi jaringan dan smart city, adalah salah satu cara kita untuk mendukung program Pemerintah 4.0 dan untuk strategi pengembangan infrastruktur IT khususnya di Kabupaten Murung Raya.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan dengan menggunakan teknologi berupa hp, laptop, cctv dan lain-lain yang semua terhubung dengan IT. Maka diperlukan infrastruktur, jaringan IT yang memadai untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Kerjasama dengan Icon Plus ini sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2020 hingga sekarang. Dengan adanya kerjasama dengan Icon Plus ini Dinas kominfo SP dapat membagi akses internet ke beberapa OPD seperti Bapenda, Bappelitbangda, BKPSDM, BPKAD, Dinas Kesehatan, Disdikbud, DPMTSP, Dukcapil, Inspektorat, PUPR, serta Setda Gedung A dan B (Belum Maksimal dikarenakan kapasitas bandwit masih kecil),” jelas Bimo Santoso.

Bimo mengharapkan jaringan Icon Plus dapat diperluas ke semua OPD hingga ke Kecamatan-kecamatan wilayah Kabupaten Murung Raya (seluruh wilayah Kabupaten Murung Raya). Dengan adanya Icon Plus ini di Mura diharapkan agar masyarakat dapat akses internet yang murah dan berkualitas.(Mur)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *