banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Wakil Ketua DPRD Kotim Sebut Jalan Cepat Alami Kerusakan Akibat Kendaraan “Over Load”

Sel, 22 Februari 2022 | 390 Views

Foto - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hairis Salamad.(Fit).

 

Sampit – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hairis Salamad menyebutkan kendaraan over kapasitas atau over load menjadi penyebab salah satu penyebab jalan cepat mengalami kerusakan.

“Sebenarnya kondisi angkutan di daerah ini sudah melewati ambang batas kemampuan jalan yang dibangun pemerintah, akibatnya jalan cepat mengalami kerusakan,” kata Hairis Salamad di Sampit, Selasa (22/2).

Hairis mendorong agar pemerintah daerah setempat mengupayakan adanya jembatan timbang, meski itu urusan dan kewenangan ada di pemerintah pusat, namun sangat penting untuk diadakan dalam rangka menertibkan kendaraan yang melebihi muatannya.

Adapun angkutan yang melintas di jalan itu di antaranya bermuatan hasil industri dari perusahaan perkebunan kelapa sawit, namun dengan adanya jembatan timbang akan mempermudah pengawasan serta mendisiplinkan semua angkutan yang melintas.

“Ke depannya dari dinas perhubungan bisa memantau dalam rangka menyukseskan program jembatan timbang itu,” tandasnya.

Menurutnya, untuk areal yang tepat itu seperti di Jalan HM Arsyad karena jalan itu merupakan lintasan untuk angkutan perusahaan.  Setiap hari tidak kurang dari 3.000 kendaraan yang melintas. Hal tersebut harusnya dibarengi dengan adanya jembatan timbang untuk perimbangan dari menjamurnya bisnis angkutan tersebut.

“Kalau kita sudah masuk ke jembatan timbang maka disitu akan ada  bongkar muatan. Makanya, jembatan timbang perlu kita pikirkan bersama karena banyak manfaatnya,” Demikian Hairis.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *