Pemdes di Kotim, Diingatkan Update Profil Desa Susun Perencaaan Pembangunan

Jum, 2 September 2022 | 152 Views

Sampit,- Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, (Kotim), Rimbun ST mengatakan, profil desa atau kelurahan sangat penting sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan program pembangunan di desa atau kelurahan. Karenanya setiap desa diharapkan terus memperbaharui secara berkala profil desa masing-masing.

 

“Mengingat pentingnya profil desa atau kelurahan, saya meminta kepada pemerintah desa atau kelurahan agar aktif memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing, setiap tahunnya,” ujar Rimbun, Jum’at, 2 September 2022.

 

Dia menuturkan, profil desa atau kelurahan merupakan data menyeluruh mengenai karakter desa/kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga permasalahan desa atau kelurahan.

 

Keberadaan profil desa atau kelurahan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang ada di desa/kelurahan. Ketersediaan data yang valid merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan, jelas dia.

 

Oleh sebab itu, keberadaan profil desa atau kelurahan sangat penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah. Adanya gambaran yang lengkap dari suatu desa/kelurahan akan memudahkan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

 

“Saya menghimbau kepada pemerintah desa/kelurahan di Kabupaten Gumas agar aktif dalam memperbarui profil desa atau kelurahan masing-masing,” Demikian Rimbun.(Fit).

 

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *