PBS Diingatkan Patuhi Perda Nomor 3 Tahun 2016

Kam, 1 September 2022 | 335 Views

Sampit,- Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, M. Kurniawan Anwar mengingatkan seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di daerah setempat untuk mematuhi Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang pemberdayaan tenaga kerja lokal. Jangan sebaliknya justru tidak memberikan kesempatan menduduki posisi strategis di perusahaan.

 

“Hal itu tidak boleh sampai terjadi karena bagaimanapun juga perusahaan yang beroperasi kotawaringin timur setidak-tidaknya memberdayakan tenaga kerja lokal lebih dulu baru setelahnya tenaga kerja luar daerah itu senada dengan Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang tenaga kerja,” kata M. Kurniawan Anwar, Kamis, 1 September 2022.

 

Kemudian menurutnya, sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku serapan tenaga kerja lokal bagi perusahaan harus memperkerjakan minimal 50 persen dari jumlah tenaga kerja yg dimiliki ini sesuai bunyi Pasal 26 ayat 1 dalam ketentuan peraturan daerah.

 

“Selebihnya pihak pemberi kerja harus memberikan jaminan kesehatan, kecelakaan kerja serta jaminan kematian sesuai Pasal 20 ayat 2 huruf a, hal ini semua didasari aturan yang sudah berlaku karena itu harapan kami jangan sampai benar-benar terjadi demikian sesuai laporan yang sering kami terima,” tegasnya.

 

Kurniawan menyebutkan kalau mereka akan melakukan pengawasan terkait hal ini jika ada perusahaan yang masih belum memberdayakan tenaga kerja lokal diharapkan agar mentaati payung hukum yang sudah ada.

 

Dia juga menambahkan agar pemberdayaan tenaga kerja lokal itu harus terealisasi dengan baik di seluruh perusahaan demi kondusifitas sebuah investasi di Kabupaten Kotawaringin Timur sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial.(Fit)

 

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *