Legislator Sebut Literasi Bisa Menentukan Masa Depan

Kam, 28 Juli 2022 | 301 Views

Sampit – Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hj. Mariani menilai melalui perpustakaan maka kemampuan atau pertumbuhan secara individu maupun kelompok-kelompok masyarakat dari berbagai jenjang bisa terbentuk sejak dini bagi daerah ini. Menurutnya melalui literasi yang sederhana yakni perpustakaan bisa menjadi penentu sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa.

“Secara sederhana memang dipahami bahwa literasi ini merupakan kemampuan dalam membaca dan menulis. Membaca dapat diartikan sebagai proses menerjemahkan lambang-lambang bahasa hingga diproses menjadi suatu pengertian, dengan demikian masyarakat terutama kaum milenial dapat berkembang dalam ilmu pengetahuannya, dari hal kecil itu nantinya akan berpengaruh banyak terhadap masa depan mereka,” katanya, Kamis (28/07/2022).

Dengan demikian dia menegaskan, untuk dapat mendorong tingkat literasi yang baik kepada masyarakat, tentunya tidak dapat dilepaskan dari sejauh mana daya akses masyarakat serta peran pemerintah dalam mendorong budaya literasi itu sendiri untuk tumbuh dan berkembang. Dia juga menjelaskan di era teknologi digital saat ini, warga masyarakat secara umumnya dihadapkan dengan banyak pilihan.

“Terutama untuk mengakses informasi dan pengetahuan, tinggal bagaimana ruang ini didorong sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan literasi masyarakat itu sendiri, namun hal itu tidak lepas dari dukungan fasilitas dari pemerintah daerah kita saat ini,” timpalnya.

Di sisi lain legislator Dapil V ini juga menuturkan,dengan dibarengi keberadaan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan yang saat ini dibahas di lembaga DPRD itu sendiri, diharapkan akan mampu menjadi salah satu acuan bagi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan terkait program tersebut.

“Dengan demikian sudah barang tentu maka akan menjadi argument hukum dalam Penyelenggaraan Pelayanan Perpustakaan bagi masyarakat kita ke depannya, dan itu juga merupakan bentuk perlindungan dan pembinaan secara masif kepada masyarakat,” tutupnya.(fit)

 

 

 

 

 

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *