banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Legislator Minta Pemkab Kotim Data Pendatang Baru Pasca Mudik Lebaran

Sen, 9 Mei 2022 | 376 Views

Foto – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Rudianur.(Fit).

Sampit – Pasca mudik lebaran tahun 2022 jumlah pendatang baru di Kabupaten Kotawaringin Timur di prediksi meningkat karena itu
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta melakukan pengawasan ketat dengan mendata semua pendatang baru.

“Ini penting dilakukan khususnya di sektor karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang kerap mendatangkan karyawan dari luar daerah. Harus kita awasi dari arus balik ini,” katanya di Sampit,, Senin (9/5/2022).

Langkah yang bisa dilakukan yakni penumpang yang baru datang ke jalur pelabuhan hendaknya diawasi. Jika polisi mengawasi peredaran narkoba dan barang terlarang lainnya, maka pemerintah harus mengawasi berapa yang datang ini supaya bisa terdata dengan baik.

Rudianur menyebutkan juga kepada pendatang baru di Kotim khususnya harus jelas dan ada yang bertanggung jawab dengan kedatangan tersebut. 

Ia tidak ingin kasus penelantaran pendatang di Kotim menjadi kasus  yang memprihatinkan. Karena ada sebagian mereka yang didatangkan ke Kotim dijanjikan pekerjaan oleh seseorang. Tetapi ujung-ujungnya malah tidak ada pekerjaan.

“Yang dijanjikan akhirnya terkatung-katung tidak bisa apa-apa lalu menjadi masalah di tempat kita,” tukasnya.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan kepada seluruh perusahaan perkebunan yang ada untuk melaporkan berapa karyawan baru yang didatangkan dari luar daerah. 

Kabupaten Kotim merupakan daerah yang selalu diincar para pencari kerja dari luar daerah. Hal ini tidak lepas dari kondisi perekonomian di daerah itu  terbaik di Kalimantan Tengah. Alhasil pasca lebaran pertambahan jumlah pendatang cenderung meningkat.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *