Legislator Kotim Tekankan Pentingnya Pencegahan Putus Sekolah di Kotim

Kam, 13 April 2023

Sampit – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Riskon Fabiansyah, menyoroti pentingnya mencegah putus sekolah di Kotim, terutama dalam tingkatan pendidikan dasar.

Ia mengingatkan bahwa pemerintah telah menyediakan program Wajib Belajar (Wajar) 9 Tahun yang menggratiskan pendidikan dasar.

“Kita harus memastikan bahwa tidak ada pelajar yang putus sekolah setelah mencapai tingkatan SD dan SMP, karena pendidikan mereka sudah sepenuhnya ditangani dan dibiayai oleh pemerintah daerah,” ujarnya Selasa (13/4/2023).

Menurutnya, program yang tengah berjalan di Kotim masih terbatas pada Wajar 9 Tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kotim. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk memperluas program hingga 12 tahun.

Ia juga memberikan saran kepada para lulusan SMA tahun ini untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Balai Latihan Kerja (BLK). Di BLK, mereka akan diberikan pelatihan keterampilan yang berguna dalam memasuki dunia kerja.

“Hal ini akan mempersiapkan mereka dengan keterampilan khusus yang dapat diandalkan saat berinteraksi dengan masyarakat,” jelasnya.

Riskon berharap agar semua pihak dapat bekerja sama untuk mengatasi masalah putus sekolah dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak dalam mengakses pendidikan yang layak.

“Pendidikan sudah seharusnya menjadi prioritas utama, karena salah satu akar permasalahan di negara ini adalah kemiskinan, dan kemiskinan ini berawal dari kurangnya pendidikan,” harapnya.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *